Senin, 01 April 2013

Analisis Perceraian Berikut Dampak atau Akibatnya


                                               Analisis Perceraian Berikut Dampak atau Akibatnya
A. Definisi Perceraian
Dalam islam, perceraian sering disebut dengan thalaq (طلاق). Secara bahasa thalaq diartikan dengan melepaskan ikatan, sedangkan secara istilah talak menurut istilah hukum syara’ adalah melepaskan atau memutuskan ikatan pernikahan. Artinya suami istri yang tadinya bersatu, dengan adanya perceraian memisahkan hubungan yang telah dibina dalam waktu yang relatif lama atau sejenak.
B. Macam-Macam Kekacauan Keluarga
Kekacauan keluarga dapat ditafsirkan sebagai “pecahnya suatu unit keluarga, terputusnya atau retaknya strukutur peran sosial jika satu atau beberapa anggota gagal menjalankan kewajiban mereka secukupnya”. Menurut definisi ini maka macam utama kekacauan keluarga adalah sebagai berikut.
1. Ketidaksahan. Ini merupakan unit keluarga yang tak lengkap. Dapat dianggap sama dengan bentuk-bentuk kegagalan peran lainnya dalam keluarga, karena sang “ayah-suami” tidak ada dan karenanya tidak menjalankan tugasnya seperti apa yang ditentukan oleh masyarakat atau oleh sang ibu. Tambahan pula, setidak-tidaknya ada satu sumber ketidaksahan dalam dalam kegagalan anggota-anggota keluarga baik ibu maupun bapak untuk menjalankan kewajiban peranannya.
2.  Pembatalan, Perpisahan, perceraian, dan meninggalkan. Terputusnya keluarga di sini disebabkan karena salah satu atau kedua pasangan itu memutuskan untuk saling meninggalkan, dan dengan demikian berhenti melaksanakan kewajiban perannya.
3. “Keluarga Selaput Kosong”. Di sini anggota-anggota keluarga tetap tinggal bersama tetapi tidak saling menyapa atau bekerjasama satu dengan yang lain dan terutama gagal memberi dukungan emosional satu kepada yang lain.
4. Ketiadaan seorang dari pasangan karena hal yang tidak diinginkan. Beberapa keluarga terpecah karena sang suami atau istri telah meninggal, dipenjarakan, atau terpisah dari keluarga karena peperangan, depressi, atau malapetaka yang lain.
5. Kegagalan peran penting yang ‘tak diinginkan’. Malapetaka dalam keluarga mungkin mencakup penyakit mental, emosional, atau badaniyah yang parah. Seorang anak mungkin terbelakang mentalnya atau seorang anak, seorang suami, istri mungkin menderita penyakit jiwa. Penyakit yang parah dan terus-menerus mungkin juga menyebabkan kegagalan dalam menjalankan peran utama.
C. Perubahan Sosial Yang Berpengaruh Terhadap Perceraian 
Di antara indikasi perubahan sosial yang cukup berpengaruh terhadap perceraian adalah:
1. Perubahan pada makna yang terkandung dalam perceraian. Beberapa waktu lalu, hampir setiap orang yang bercerai akan kehilangan kehormatan dalam lingkungan sosialnya atau terkucilkan dari kehidupan sosial. Pada masa itu, perceraian dianggap sebagai kegagalan dalam rumah tangga. Suatu konflik di tengah-tengah keluarga yang berujung pada perceraian dianggap sebagai kegagalan dalam membina kerukunan keluarga. Status sebagai janda dianggap memalukan dan menimbulkan kecurigaan dalam masyarakat. Namun seiring berubahnya waktu, status ini tidak lagi dipersoalkan, apalagi di kota besar status janda atau duda merupakan hal yang biasa bahkan bukan lagi menghambat suatu aktivitas. Hal ini karena tekanan yang ditonjolkan pada masyarakat kota adalah peran, bukan status individunya.
2. Perubahan pada longgarnya pengawasan kerabat, teman, dan lingkungan tetangga terhadap keutuhan keluarga. Kepedulian terhadap keutuhan keluarga barangkali hanya bisa dirasakan pada masa dulu. Pada masa itu, keutuhan keluarga menjadi tanggung jawab bersama. Dalam keluarga luas, krisis yang dihadapi keluarga melibatkan diri untuk mempertahankan perkawinan bagi keluarga yang sedang mengalami kritis. Kini, semuanya telah bergeser, sebuah perkawinan dipandang sebagai milik seseorang. Idealisme individual melihat bahwa perkawinan merupakan sebuah kegiatan praktis yang harus dilalui oleh seseorang. Seseorang dapat memilih untuk melanjutkan kegiatan yang praktis tersebut atau mencari kegiatan yang lebih dianggap praktis. Oleh karena itulah, dukungan dan tetangga terhadap keutuhan keluarga menjadi berkurang.
3. Tersedianya pilihan diluar keluarga. Saling bergantung antara suami istri merupakan indikasi keutuhan keluarga. Namun dewasa ini kebutuhan yang biasanya dipenuhi keluarga telah menyebabkan ketergantungan suami istri menjadi berkurang. Misalnya untuk memenuhi kebutuhan biologis yang biasanya dipenuhi dalam keluarga, kini dapat dicari di luar keluarga. Rumah makan, panti pijat, hotel, tempat hiburan dan sebagainya memungkinkan hilangnya ketergantungan antara suami dan istri. Kebutuhan yang bisa dipenuhi di luar keluarga dapat memberikan kesempatan bagi pasangan suami istri yang sedang mengalami krisis  untuk lebih tertarik pada berada di rumah.
4. Lahirnya tuntutan persamaan hak laki-laki dan wanita. Dalam masyarakat modern, perbedaan jenis kelamin tidak lagi menjadi kecenderungan bagi seseorang untuk memperoleh jabatan tertentu. Seseorang bisa menempati posisi tertentu bukan didasarkan atas gender, melainkan pada keahlian yang dimilikinya. Oleh karena itulah, kesempatan untuk merebut peluang karir bagi wanita semakin terbuka. Di sinilah letak masalahnya bagi hubungan antara suami dan istri yang sedang mengalami gangguan. Orientasi membangun keluarga pun bergeser dari orientasi untuk memperoleh keturunan menjadi orientasi meningkatkan karier. Di samping itu, perubahan orientasi ini juga mempengaruhi pasangan suami istri untuk mempertahankan perkawinan. 
D. Sebab-Sebab Terjadinya Perceraian.
Secara singkat, ketidakbahagiaan perkawinan telah berkembang sehingga kesediaan untuk menggunakan perceraian sebagai salah satu jalan keluar meningkat pesat.
Tidak diketahui secara pasti faktor yang menyebabkan naiknya tingkat perceraian yang terjadi pada suatu keluarga, apakah dikarenakan ketidakbahagiaan perkawinan atau adanya anggapan bahwa perkawinan hanya sebuah formalitas kebersamaan antara suami istri. Akan tetapi, yang benar-benar diketahui adalah sebagai berikut:
1. Perubahan pada cita rasa dan tata nilai yang sama antara suami istri. Kehidupan yang mendorong seseorang memiliki keahlian dan mobilitas modern yang makin meningkat, telah menjadikan tata nilai dalam keluarga antara suami dan istri yang menjadi berubah.
2. Tingkat ketergantungan secara ekonomis bagi istri terhadap suami semakin menurun. Para istri tempo dulu yang perkawinannya tidak bahagia, tidak mempunyai pilihan lain untuk menyelesaikan kemelut rumah tangga, kecuali tetap hidup bersama suaminya. Pada masa sekarang, para istri yang tidak bahagia bisa melakukan banyak pilihan, antara lain mencari pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya. Dalam keluarga yang istrinya bekerja di luar rumah, tingkat ketergantungan dengan suami menjadi kurang dan hal ini memungkinkan rumah tangga menjadi rapuh.
3. Perceraian berkembang dengan sendirinya karena meningkatnya seseorang yang mempunyai orang tua, kakak, dan kerabat lainnya yang bercerai. Seseorang yang sedang mengalami krisis sering melakukan komunikasi dan kontak sosial, baik langsung atau tidak langsung dengan orang yang pernah bercerai. Hal itu sering diikuti oleh keyakinan bahwa perceraian sebagai pola yang wajar diterima dari sebuah mimpi buruk yang menakutkan menjadi pilihan yang rasional.
Sebuah survey yang dilakukan oleh Geotge Lavinger pada tahun 1966 menyebutkan 12 alasan keluarga yang mengajukan permohonan cerai, yaitu: 
1. Karena pasangannya sering mengabaikan kewajiban terhadap rumah tangga dan anak, seperti jarang pulang ke rumah, tidak ada kepastian waktu berada di rumah, serta tidak adanya kedekatan emosional dengan anak dan pasangannya.
2. Masalah keuangan (tidak cukupnya penghasilan yang diterima untuk menghidupi keluarga dan kebutuhan rumah tangga).
3. Adanya penyiksaan fisik terhadap pasangan.
4. Pasangannya sering berteriak dan mengeluarkan kata-kata kasar serta menyakitkan.
5. Tidak setia, seperti punya kekasih lain, dan sering berzina dengan orang lain.
6. Ketidakcocokan dalam masalah hubungan seksual dengan pasangannya, seperti adanya keengganan atau sering menolak melakukan senggama, dan tidak bisa memberi kepuasan.
7. Sering mabuk.
8. Adanya keterlibatan/campur tangan dan tekanan sosial dari pihak kerabat pasangannya.
9. Sering muncul kecurigaan, kecemburuan serta ketidak percayaan dari pasangannya.
10. Berkurangnya perasaan cinta sehingga jarang berkomunikasi, kurangnya perhatian dan kebersamaan di antara pasangan.
11. Adanya tuntutan yang dianggap terlalu berlebihan sehingga pasangannya sering menjadi tidak sabar, tidak ada toleransi, dan dirasakan terlalu “menguasai”.
12. Kategori lain yang tidak termasuk 11 tipe keluhan diatas.
Dari kategori keluhan-keluhan tersebut, para suami menempatkan proporsi tertinggi pada dua macam keluhan yaitu:
1. Adanya campur tangan dan tekanan dari pihak kerabat istri.
2. Masalah ketidakcocokan dalam hubungan seksual.
Sedangkan para istri menempatkan proporsi menempatkan proporsi yang tertinggi pada tiga macam keluhan yaitu:
1. Suami sering melalaikan kewajiban terhadap rumah tangga dan anak.
2. Suami sering melakukan penyiksaan fisik.
3. Masalah keuangan.
Hal lain yang menarik untuk dicatat dan diperhatikan adalah bahwa perbandingan suami dan istri yang menyatakan faktor ketidaksetiaan pasangannya sebagai penyebab perceraian, sangat kecil dan hampir sebanding yaitu 20% : 24%.
Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa perbedaan kelas sosial juga menunjukkan adanya perbedaan persentase keluhan para istri. Dibandingkan dengan kelas bawah, para istri kelas menengah menempatkan persentase terbesar hanya pada 4 dari 11 tipe keluhan yang dijadikan alasan oleh mereka untuk mengajukan perceraian yaitu:
1. Karena suami sering melalaikan kewajiban terhadap rumah tangga dan anak.
2. Adanya tuntutan yang berlebihan dari suami.
3.  Suami tidak setia.
4. Berkurangnya perasaan cinta dari suami.
Namun di kalangan suami, hampir tidak terdapat perbedaan persentase tipe keluhan/alasan untuk mengajukan perceraian menurut kelas sosial yang ada di dalam masyarakat.
 Menurut Hilman, tingkat perceraian tertinggi berada pada kategori pekerja kasar, seperti buruh, pembantu rumah tangga, dan pelayan disektor jasa. Tingkat perceraian ini semakin menurun pada pasangan suami istri yang bekerja sebagai kerah putih yang berada pada lapisan menengah. Adapun pada tingkat orang-orang profesional, direktur dan manager sebuah perusahaan, tingkat perceraiannya sangat rendah.
Selain itu, Goode melihat tingkat percaraian juga terjadi pada tingkat pendidikan dan penghasailan. Hal ini menunjukkan adanya konsistensi antara status pekerjaan dengan tingkat pendidikan yang menjadi pemicu perceraian.
Lamanya usia perkawinan dapat dijadikan indikator penyebab terjadinya perceraian. Studi yang dilakukan Kephart menunjukkan bahwa perceraian banyak terjadi pada usia perkawinan dibawah lima tahun. Dalam kelompok ini, tingkat tertinggi perceraian dialami oleh kelompok usia perkawinan tiga tahun. Godaan pada pasangan suami istri yang mengakibatkan pisah ranjang lebih banyak terjadi pada tahun pertama perkawinan. Tingkat perceraian turun secara signifikan ketika usia perkawinan memasuki usia tujuh tahun.
Tingginya tingkat perceraian juga bisa diakibatkan status dalam perkawinannya apakah pasangan suami istri memiliki anak atau tidak. Bagi pasangan yang tidak memiliki anak, perceraian lebih banyak terjadi. Diantara pasangan suami istri yang yang tidak mempunyai anak, 71% berakhir dengan perceraian dan 8% pasangan suami istri yang memiliki anak berakhir dengan perceraian.
E. Penyesuaian Seksual Dan Perceraian
Salah satu faktor kebahagiaan perkawinan dan perceraian adalah penyesuaian seksual pasangan. Para analisis modern mengenai masalah peceraian telah menyetujui bahwa suatu perubahan mengenai manfaat hubungan seks dalam perkawinan telah terjadi selama generasi yang lalu. Setelah PD I, tuntutan seksual para wanita telah menjadi naik. Selama beberapa dekade yang lalu , para suami telah menyempurnakan teknik seks mereka dalam usaha untuk lebih memuaskan istri mereka, dan para istri sudah tidak lagi bersikap dingin (frigid), lebih mudah untuk dipuaskan. Sebaliknya, banyak pasangan yang bercerai mengeluh mengenai problem seksual. Tafsiran para analisa perkawinan ialah bahwa persoalan itu bukanlah merupakan hal yang utama, dan bahwa semua itu lebih disebabkan karena adanya pertentangan dan ketegangan perkawinan, Karena itu, hubungan seksual yang tidak memuaskan sebagai penyebab perceraian relatif kecil artinya.
Yang tidak kalah penting bahwa laki-laki lebih banyak kemungkinan daripada wanita untuk mengeluhkan persoalan hubungan seks, tetapi karena semua itu lebih penting bagi laki-laki dalam mengevaluasi perkawinan dibandingkan dengan kepuasan wanita akan keseluruhan hubungan perkawinan mereka.
F. Peran Seks Dan Perceraian
Data dari berbagai survey mengungkapkan bahwa wanita lebih banyak mengeluh mengenai perkawinannya daripada laki-laki. Sebabnya, mungkin terletak pada arti perkawinan yang lebih besar bagi wanita, ketergantungan mereka dan kepuasan untuk penyesuaian diri terhadap kehidupan itu sendiri. Oleh karena itu kira-kira ¾ dari semua perceraian di A.S, diberikan kepada wanita.
Meskipun demikian, satu penelitian telah mengembangkan sebuah teori yang lebih sering ingin melakukan perceraian daripada pihak istri. Kebanyakan tenaga suami, perhatian dan urusannya, terpusat pada hal-hal di luar rumah. Ia dapat saja terlibat dalam tingkah laku yang mungkin dianggap kurang wajar atau tak berdosa jika umpamanya dilakukan pada istrinya. Ia boleh, tanpa celaan, mengadakan lebih banyak persahabatan dengan lawan jenisnya. Akibatnya, ia kurang terikat kepada rumahnya sebagaimana halnya, istrinya, dan lebih banyak kemungkinan untuk memperoleh kegembiraan, hiburan, dan juga kesibukan di luar rumah.
Sebailknya, di bawah norma-norma persamaan hak modern kelakuan itu mungkin membuat sang istri tidak bahagia. Tetapi, justru karena kehidupan di luar rumah itu demikian pentingnya bagi sang suami, istrinya tidak mempunyai banyak kekuasaan untuk memaksa agar mengikuti kemauannya. Sang istri pada permulaan, sedikit kemungkinan menginginkan perceraian, sedangkan sang suami kemungkinan merasa bersalah untuk menuntut hal itu. Hasilnya ialah bahwa si laki-laki mungkin mengembangkan pola tingkah laku yang menibulkan celaan, kutukan, dan ketidak hormatan bagi sang istri sebagai bagian dari memuncaknya pertentangan antara keduanya. Yaitu, membuat dirinya tidak disukai, ia menimbulkan dalam diri istrinya (dengan sengaja atau tidak) keinginan untuk memutuskan perkawinan itu. Kritik yang dialaminya dalam proses itu mungkin juga meredakan perasaan yang bersalah yang mungkin harus ia derita.      
G. Dampak Terjadinya Perceraian
Dampak terjadinya perceraian, hubungan suami istri mungkin berakhir dengan suatu permusuhan. Hubungan semacam ini merupakan penderitaan yang berat. Tak ada seorang pun yang mengharapkan hal ini terjadi.
Karena adanya unsur-unsur yang merusak dalam perceraian, para sosiolog menyatakan bahwa penyesuaian perceraian sama dengan kematian dalam arti sosial, bukan kematian dalam arti biologis. Kematian itu sangat menyakitkan dan tidak ada seoarng pun yang dapat menggantikan orang yang telah mati.
Perceraian dan kematian memiliki segi-segi kesamaan, antara lain:
1. Penghentian kepuasan seksual.
2. Hilangnya persahabatan, kasih, dan rasa aman.
3. Peran orang dewasa menjadi hilang untuk diikuti oleh anak-anaknya.
4. Beban rumah tangga bertambah berat bagi pasangan yang ditinggalkan dalam mengurusi anak-anak.
5. Beban ekonomi menjadi tanggungan sendiri.
6. Pembagian tugas dan tanggungjawab baru dalam mengurusi rumah tangga.
Menurut Scanzoni dan Scanzoni, setelah perceraian, seseorang tidak perlu bersedih dan tidak perlu mengharapkan kebali mantan pasangannya. Ini dikarenakan perceraian itu sendiri menandakan adanya rasa benci di kalangan suami istri. Pandangna lain Scanzoni dan Scanzoni didasarkan pada tulisan Krantzler tang berjudul “Creative Divorce”. Menurut Krantzler, perceraian telah memberikan peluang yang cukup luas kepada seseorang untuk memperoleh pengalaman dan kreativitas baru guna menempuh hidup yang lebih baik dan menyenangkan dari sebelumnya.  
Hasil penelitian yang menggunakan 41 sampel orang tua yang bercerai menunjukkan adanya suatu hubungan yang berkesinambungan setelah perceraian. Hubungan ini bergerak dari perasaan paling benci terhadap pasangan dan hubungan yang menganggap pasangannya sebagai teman. Para responden banyak yang tidak menganggap mantan pasangannya sebagai teman, tetapi sebagai musuh.
Hubungan yang berlangsung antara mantan pasangan suami dan istri sebagai sahabat ditandai oleh adanya rasa kebersamaan dalam mendidik anak-anaknya. Mereka hidup rukun dengan tempat tinggal yang berjauhan. Kontak dengan anak dilakukan dengan cara memberikan nasihat dan bahkan tidak jarang mengadakan bisnis.
Hubungan antara mantan pasangan suami istri bukan sebagai teman dan bukan pula sebagai musuh ditandai dengan adanya hubungan seperlunya. Komunikasi dengan anak dilakukan hanya pada saat-saat tertentu, sepertidalam merayakan ulang tahun atau pada waktu libur. Hubungan keduanya terlihat sangat kaku dan bahkan tidak menyenangkan.
Adapun hubungan antara mantan pasangan yang menganggap musuh terhadap mantan pasangannya berusaha untuk tidak melakukan komunikasi satu sama lain. Dalam forum resmi, apabila mereka hadir dalam resepsi perkawinan anak, diupayakan untuk tidak saling menyapa satu sama lain.
Para sosiolog lainnya, melihat dampak perceraian terhadap anak sangat bergantung pada kondisi tertentu, yakni kondisi perkawinan orang tuanya. Bagi seorang anak yang berasal dari keluarga tidak bahagia dalam perkawinan, menganggap perceraian sebagai pilihan terbaik, sedangkan bagi anak yang hidup di tengah-tengah lingkungan keluarga yang harmonis, perceraian seperti mimpi buruk yang menakutkan, yang mendatangkan trauma dan kebingungan mengahadapinya.  
 Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak perceraian terhadapa anak selalu buruk. Anak yang orang tuanya bercerai akan hidup menderita. Secara mental, dia kehilangan rasa aman. Perasaan iri dan sedih selalu menyelimuti jiwanya apabila mengahadapi teman sebaya bersama orang tua mereka.
Lebih buruk lagi, ia akan menjadi pendiam, tidak bergairah, dan kehilangan masa depan. Apabila ia tinggal bersama paman atau bibinya, ia akan berfikir bahwa orang tuanya tidak lagi menyayanginya , namun adakalanya ia sering berkhayal agar orang tuanya rujuk lagi.
H. Mengatasi Perceraian
Bagi orang Amerika, upaya menurunkan derajat tingkat perceraian dilakukan dengan empat cara yaitu berikut ini:
1. Tidak terlalu menekankan cinta dalam sebuah perkawinan. Bagi yang setuju dengan pernyataan ini, mereka mengartikan sebuah perkawinan sebagai kesatuan kerja antara suami istri dalam membina rumah tangga. Pada masyarakat barat, orang-orang terlalu menguntungkan romantisme dan ada cinta dalam perkawinan. Kemudian mereka kecewa jika yang ditemukan bukanlah romantisme, melainkan pertentangan yang mendalam karena bagi mereka tidak lain sebaik-baiknya tempat menemukan kepuasan yang menjemukan dan sejelek-jeleknya tempat menemukan kepusingan yang menjengkelkan. Oleh karena itulah, bagi orang Amerika menempatkan cinta dan perkawinan dalam dua pisisi yang yang berbeda.
2. Memisahkan cinta dan perkawinan. Ini adalah kelanjutan dari penyelesaian pertama. Cinta berkaitan dengan masalah suka atau tidak suka terhadap seseorang, sedangkan perkawinan merupakan bagian di luar itu. Pasangan suami istri yang memisahkan cinta dan perkawinan berupaya sekuat tenaga bahwa perkawinan hanyalah sebuah ikatan kerja antara seorang suami istri dengan statusnya yang sah. Mereka boleh melakukan apa saja dalam mewujudkan ikatan kerja sama itu, termasuk hubungan seksual. Namun, urusan cinta secara tegas tidak masuk dalam rangkaian ikatan kerja sama itu. Pasangan suami istri secara wajar bisa berhubungan dengan laki-laki atau perempuan lain yang dia suka. Oleh karena itulah, perkawinan akan tetap terjaga.
3. Masyarakat dituntut untuk menyosialisasikan para anggotanya untuk memiliki kepribadian dan harapan yang hampir sama bahwa semua perkawinan akan berhasil secara memuaskan.
4. Kepentingan terhadap keluarga dan perkawinan ditempatkan pada urutan pertama di antara urutan pertama urusan lainnya sehingga perceraian tidak lagi bisa diterima. Dengan kata lain sebanyak mungkin kepentingan dalam kehidupan, maka keluarga dan perkawinan  jauh lebih penting. Memutuskan perkawinan berarti memtuskan seluruh segi kehidupan. 
Namun demikian, menurut Goode, cara utama menghidarkan diri dari perceraian ialah dengan mengsosialisasikan terhadap para remaja bahwa harapan yang diletakkan pada sebuah perkawinan bukanlah semata-mata kebahagiaan yang diberikan pada pasangan suami istri, melainkan pada intensifnya suami istri memberikan pelayanan dan penghormatan semestinya pada pasangannya. Oleh karena itu, apabila pasangan suami istri tidak bahagia dalam perkawinan tidak dapat melakukan perceraian karena dasarnya bukan hanya kebahgiaan semata.
Mengatasi perceraian, dapat pula dilakukan dengan menggunakan kerangka pemikiran bahwa manusia diciptakan dengan kodrat yang berbeda. Keperibadian, kebudayaan, kepentingan, dan sopan-santun merupakan hal-hal yang dimiliki manusia manapun dengan tingkat perbedaan yang mencolok. Apabila mengharapkan adanya kesamaan kodrat manusia dalam perkawinan, perkawinan tidak lebih dari sandiwara, film, dan cerita-cerita roman yang indah.
     
        DAFTAR PUSTAKA  
Goode, William J, Sosiologi Keluarga, Terj. Laila Hanoum Hasyim, Jakarta: Bumi Aksara, 2002
Ihromi, T.O, Bunga Rampai Sosiologi Keluarga, Yogyakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1999
Shon’ani, Imam, Terjemah Subulussalam, Terj. Abu Bakar Muhammad, Surabaya: Al-Ikhlas, 1991
Suhendi, Hendi dan Ramdani Wahyu, Pengantar Studi Sosiologi Keluarga, Bandung: Pustaka Setia, 2001

Kekerasan dalam Rumah Tangga dan Perlindungan pada Anak


      BAB I
         PENDAHULUAN
Pernikahan adalah suatu ikatan batin yang suci dan kokoh antara suami dan istri. Hal ini tertera dalam Pasal 1 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang perkawinan sebagaimana yang tertulis:
“Perkawinan adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga atau rumah tangga yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.”
Berdasarkan definisi diatas, maka wajiblah bagi manusia untuk menjaga ikatan tersebut agar bisa mengkekalkan kehidupan rumah tangganya guna mewujudkan kejahteraan bagi kehidupan keluarga dan sosial.
Kasus kekerasan dalam rumah tangga dari tahun ke tahu semakin marak, karena adanya dukungan dari adat-istiadat yang mendukung adanya hal tersebut. Posisi wanita yang sudah terdiskriminasi semakin terdiskriminasi dengan adanya adat yang melegalkan budaya tersebut.
Yang menarik, kekerasan itu tidak hanya terjadi di kalangan wanita dewasa saja, namun dapat terjadi pada anak-anak yang masih di bawah umur dimana mereka masih membutuhkan perlindungan dari orang-orang disekitarnya. Kekerasan tidak hanya terjadi di luar rumah, namun lebih sering terjadi di dalam rumah. Padahal rumah itu identik dengan tempat berlindung dari berbagai macam gangguan-gangguan yang berasal dari luar, namun pada kenyataannya malah terjadi tindak kekerasan dan berbagai penyimpangan   
Patut disyukuri dengan munculnya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga dan Undang-Undang 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak hadir untuk menghapus berbagai tindak diskriminasi yang terjadi di kalangan keluarga dan anak. Kedua UU tersebut sebagai perwujudan tercpitanya keadilan dan kesetaraan bagi masyarakat Indonesia, sehingga sesuatu yang bersifat diskriminasi bisa dihilangkan atau diminimalisir.
BAB II
      PEMBAHASAN
1. Kekerasan Dalam Rumah Tangga
A. Pengertian Kekerasan
Menurut Pasal 1 Undang-Undang No. 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam  Rumah Tangga (UU PKDRT) adalah:
“Setiap perbuatan terhadap seseorang terutama perempuan, yang berakibat timbulnya kesengsaraan atau penderitaan secara fisik, seksual, psikiologis, dan atau penelantaraan rumah tangga termasuk ancaman untuk melakukan perbuatan, pemaksaan, atau perampasan kemerdekaan secara melawan hukum dalam lingkup rumah tangga.”
Adapun dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (1988: 425) berarti:
a. Perihal (yang bersifat, berciri) keras;
b. Perbuatan seseorang atau sekelompok orang yang menyebabkan cedera atau matinya orang lain atau menyebabkan kerusakan fisik atau barang orang lain;
c. Paksaan.
Pengertian kekerasan juga terdapat dalam Pasal 89 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), yaitu:
“Membuat orang pingsan atau tidak berdaya disamakan dengan menggunakan kekerasan.” 
Pingsan diartikan hilang ingatan atau tidak sadar akan dirinya. Kemudian, yang dimaksud dengan tidak berdaya dapat diartikan tidak mempunyai kekuatan atau tenaga sama sekali sehingga tidak mampu mengadakan perlawanan sama sekali, tetapi seseorang yang tidak berdaya itu masih dapat mengetahui yang terjadi pada dirinya.
Perbuatan Kekerasan diatas dapat disebut sebagai tindakan penganiayaan. Penganiayaan di dalam KUHP digolongkan menjadi dua, yaitu:
a. Penganiayaan berat yang diatur dalam Pasal 354 KUHP dan 
b. Penganiayaan ringan dalam Pasal 352 KUHP.
Pengertian penganiayaan berat adalah apabila perbuatannya mengakibatkan luka berat seperti yang diatur dalam Pasal 90 KUHP. Menurut pasal 90 KUHP, luka berat dirumuskan sebagai berikut:
a. Jatuh sakit atau dapat luka yang tidak memberi harapan akan sembuh atau menimbulkan bahaya maut;
b. Tidak mampu terus-menerus untuk menjalankan tugas jabatan atau pekerjaan pencaharian;
c. Kehilangan salah satu panca indra;
d. Mendapat cacat berat;
e. Menderita sakit lumpuh;
f. Terganggu daya pikir selama empat minggu; dan 
g. Gugurnya/mati kandungan seorang perempuan.
Selain ketentuan tentang Pasal 352 KUHP dan Pasal 354 KUHP, terdapat beberapa pasal lagi yang berkaitan dengan penganiayaan, seperti:
a. Pasal 351 KUHP tentang penganiayaan;
b. Pasal 353 KUHP tentang penganiayaan yang direncanakan;
c. Pasal 355 tentang penganiayaan berat yang direncanakan; dan 
d. Pasal 356 KUHP tentang penganiayaan yang dilakukan terhadap ayah, ibu suami, istri, atau anaknya maka ancaman hukumannya ditambah dengan sepertiga.
Ketentuan-ketentuan tersebut memang tidak secara eksplisit mengatur tentang kekerasan dalam keluarga, tetapi setidaknya dapat digunakan untuk mengadukan para pelaku ke polisi dan sebagai dasar berperkara pidana di pengadilan. Para polisi dalam menuntut tergugat menggunakan Pasal kekerasan yang terjadi di lingkup keluarga menggunakan Pasal yang tertera dalam KUHP bukan Pasal yang tertera dalam UU PKDRT, sebab masih banyak dinatara polisi yang masih belum mengerti Pasal-Pasal yang tertulis dalam UU PKDRT.  
B. Gender dan Kekerasan   
Gender sebagai perbedaan perempuan dengan laki-laki berdasarkan social contruction tercermin dalam kehidupan sosial yang berawal dari keluarga. Perempuan disosialisasi dan diasuh secara berbeda dengan laki-laki. Ini juga menunjukan adanya social expectation (ekspektasi sosial) yang berbeda terhadap anak perempuan dengan anak laki-laki. Sejak dini anak perempuan disosialisasi bertindak lembut, tidak agresif, halus, tergantung, pasif, dan bukan pengambil keputusan. Sebaliknya laki-laki disosialisasi, agresif, aktif, mandiri, pengambil keputusan, dan dominan. Kontrol sosial terhadap perempuan jauh lebih ketat dibandingkan dengan laki-laki.
Karakteristik tersebut terinternalisasi begitu kuat sehingga dianggap sebagai sesuatu yang bersifat taken for granted dan membawa implikasi luas yang mencerminkan posisi perempuan yang lebih subordinat, sedangkan laki-laki lebih superior. Kararteristik yang mengarah pada tindakan berkonotasi keras dan agresif itu dilekatkan pada laki-laki, mereka juga diberi peluang menjadi kelompok penguasa pubik sedangkan perempuan disektor domestik. Ini membuktikan adanya gender role (peran gender) yang berbeda di antara mereka.
Secara umum, munculnya UU PKDRT beralaku untuk seluruh kalangan, namun berdasarkan pengamatan dan penelitian yang sering mengalami kekerasan dan pelecehan adalah pihak perempuan, sehingga terkadang banyak kalangan yang mengira pengesahan Undang-Undang ini hanya untuk melindungi kaum perempuan, sedangkan hak-hak pria diabaikan. Dengan adanya UU tersebut sebenarnya melindungi suami, istri, maupun anak.
Berdasarkan fakta yang terjadi dilapangan, perlakuan semena-mena kepada pihak perempuan itu cenderung meningkat dari tahun ke tahun waktu ke waktu dari pada perlakuan semena-mena kepada pihak pria. Kekerasan yang terjadi pada wanita tidak hanya terjadi di luar lingkungan rumah, akan tetapi dapat pula terjadi di dalam rumah yang seharusnya dapat menciptakan suasana yang aman bagi para wanita. Berbagai penelitian mengenai domestik violence sudah dilakukan di dunia Barat, dan hasilnya antara lain dapat disimpulkan bahwa institusi “keluarga” merupakan tempat yang paling rawan bagi wanita. Pernyataan ini diungkapkan oleh Emerson Dobash dan Russell Dobash.
 Posisi wanita dalam keluarga tidak terlepas dari sistem sosial masyarakat yang melingkupinya. Subordinasi wanita dalam masyarakat sebenarnya sudah berlangsung sangat lama, dan bersifat universal. Hanya saja bentuk subordinasi itu beragam dan dengan tingkat intensitas yang berbeda-beda. Beberapa faktor yang menyebabkan adanya subordinasi tidak sekedar perbedaan seksual dalam artian biologis, namun perbedaan bilogis itu kemudian dikembangkan dalam pola-pola pembedaan fungsi reproduksi dan produksi. Pengembangan tersebut baik melalui penguasaan sumber-sumber ekonomi, ideologi, kelas maupun stratifikasi sosial melalui serangkaian sosialisasinya, untuk melanjutkan dan mendukung posisi wanita yang subordinat itu. Dengan demikian subordinasi wanita berawal dari perbedaan biologis yang kemudian dilanjutkan dalam hubungan keluarga dan sistem kemasyarakatan yang ada.
Secara umum, dinyatakan bahwa kondisi fear of crime pada wanita lebih besar dibandingkan kaum pria. Dengan adanya anggapan umum seperti ini tentunya perlu dicari indikasi yang lebih terinci, apakah kondisi semacam itu juga diakibatkan perbedaan gender, khususnya jika ditinjau dari perbedaan fisik dan psikisnya. Anggapan tersebut perlu dijabarkan lebih mendalam mengingat banyak variable selain gender yang dapat mempengaruhi tingkat fear of crime, seperti variable-variable yang berkaitan dengan umur, ras dan lokasi tempat tinggal. Dalam hubungan ini Kinsey menyatakan bahwa aspek sosial dan tekanan ekonomi juga merupakan variable yang sangat berpengaruh pada kondisi kekhawatiran dan ketaukutan terhadap kejahatan dan kemungkinan terjadinya viktimisasi.
Kondisi lain yang perlu diperhatikan bagi situasi wanita Indonesia adalah adalah faktor-faktor yang berkaitan dengan rasa malu, self quality, dan rasa respect pada keyakinan pentingnya menjaga nama baik dan keutuhan keluarga. Faktor-faktor ini akan lebih nampak nyata pada ruang lingkup keluarga yang center social lifenya masih ketat bersendikan pada tradisi dan adat-istiadat. 
Untuk itu, melihat banyaknya kejadian-kejadian yang menyudutkan pihak wanita dari sudut pandang budaya dan sosial, maka diperlukanlah UU  Nomor 23 Tahun 2004 untuk mengahapus berbagai diskriminasi dan kekerasan yang terjadi pada wanita.
C. Implementasi Hukum Negara tarhadap KDRT  
Adanya UU PKDRT tidak secara otomatis bisa menghilanghkan kekerasan dalam rumah tangga secara otomatis, namun juga ada beberapa hambatan terutama dari hukum yang berlaku dalam suatu negara. Menurut Firiedman setidaknya ada 3 komponen yang perlu dianalisis terkait dengan suatu sistem hukum yang berlaku di suatu negara:
Pertama, berkaitan dengan substansi hukum, di samping terdapat instrumen hukum UU KDRT yang bertujuan memberi keadilan kepada perempuan korban KDRT, tetapi di sisi lain, terdapat masalah rumah tangga, perundang-undangan, dan kebijakan lain yang memberi dampak merugikan bagi perempuan. Bahkan kerap kali interpretasi terhadap ajaran agama (dan adat) yang meneguhkan posisi subordinasi perempuan, diakomodasi dalam substansi peraturan perundang-undangan. Menurut para feminis penganut legal theory mengatakan bahwa hukum itu dibuat oleh lelaki dan cenderung memberi keuntungan kepada pihak laki-laki, serta mengabaikan kepentingan perempuan.
   Kedua, dalam penegakkan hukum dilapangan, struktur hukum, para penegak hukum, sering tidak berpihak kepada korban perempuan, bukan saja karena ketidakpahaman dan ketiadaan perspektif perempuan di kalangan para penegak hukum, tetapi juga struktur dan ketiadaan perspektif perempuan di kalangan para penegak hukum, tetapi juga struktur dan prosedur yang ketat menghalangi para penegak hukum untuk membuat terobosan dan interpretasi baru, meskipun demi persoalan kemanusiaan sekalipun.
Ketiga, masih kuatnya budaya hukum masyarakat, kekuatan-kekuatan sosial, berupa ide, gagasan, nilai-nilai, norma, kebiasaan, dan sebagainya yang potensial menempatkan perempuan dalam posisi submissive, baik dalam keluarga maupun mayarakat. Dari keseluruhan sistem hukum ini, budaya hukum merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap dapat tidaknya suatu substansi hukum bekerja dalam masyarakat. 
D. Bentuk-Bentuk Kekerasan Dalam Rumah Tangga
Kekerasan yang terjadi di dalam rumah tangga, menurut pasal 5 Undang-Undang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga, meliputi kekerasan fisik, psikis, kekerasan seksual, dan penelantaran rumah tangga. 
Adapun kekerasan fisik menurut Pasal 6 Undang-Undang tersebut adalah:
“Perbuatan yang mengakibatkan rasa sakit, jatuh sakit, atau luka berat.”
Kemudian, yang dimaksud dengan kekerasan psikis menurut Pasal 7 Undang-Undang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga adalah:
“Perbuatan yang mengakibatkan ketakutan, hilangnya rasa percaya diri, hilangnya kemampuan untuk bertindak, rasa tidak berdaya, dan atau penderitaan psikis berat pada seseorang.”
Contoh-contoh perbuatan yang dapat dikategorikan kekerasan psikis adalah menghina, mengancam, atau menakut-nakuti sebagai sarana untuk memaksa kehendak, atau mengisolasi istri dari dunia luar. Bahkan, menurut Pusat Komunikasi Kesehatan Berperspektif Gender, kekerasan psikis meliputi juga membatasi istri dalam melaksanakan program keluarga berencana dan mempertahankan hak-hak reproduksinya sebagai perempuan.
Hak-hak reproduksi perempuan, misalnya hak untuk mendapatkan informasi dan pendidikan, hak untuk mendapatkan pelayanan dan perlindungan kesehatan, hak untuk mendapatkan kebebasan berfikir, hak untuk memutuskan kapan dan memutuskan jumlah anak, hak untuk hidup, hak untuk bebas dari penganiayaan dan perlakuan buruk, hak memilih bentuk keluarga, atau hak untuk membangun dan merencanakan keluarga.
Yang dimaksud dengan kekerasan seksual menurut Pasal 8 UU PKDRT adalah:
a. Pemaksaan hubungan seksual yang dilakukan terhadap orang yang menetap dalam lingkup rumah tangga tersebut.
b. Pemaksaan hubungan seksual terhadap salah seorang dalam lingkup rumah tangganya dengan orang lain untuk tujuan komersial dan/atau tujuan tertentu.
Sayangnya UU PKDRT tidak mengatur tentang pelecehan seksual, tetapi hanya memberi penjelasan pada Pasal 8 huruf a bahwa yang dimaksud dengan kekerasan seksual adalah:
“Setiap perbuatan yang berupa pemaksaan hubungan seksual, pemaksaan hubungan seksual dengan cara yang tidak wajar dan/atau tidak disukai, pemaksaan hubungan seksual dengan orang lain untuk tujuan komersial dan/atau tujuan tertentu.”  
Kemudian, untuk penjelasan Pasal 8 huruf b hanya disebutkan cukup jelas.
Sementara itu, pada penjelasan Pasal 7 UU PKDRT hanya disebutkan kekerasan seksual secara tidak langsung dalam Pasal 48 UU PKDRT yang mengatur tentang ancaman pidana melakukan kekerasan seksual:
 “Dalam hal perbuatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 46 dan Pasal 47 mengakibatkan korban mendapat luka yang tidak memberi harapan akan sembuh sama sekali, mengalami gangguan daya pikir atau kejiwaan sekurangkurangnya selama 4 (empat) minggu terus menerus atau 1 (satu) tahun tidak berturut-turut, gugur atau matinya janin dalam kandungan, atau mengakibatkan tidak berfungsinya alat reproduksi, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun dan pidana penjara paling lama 20 (duapuluh) tahun atau denda paling sedikit Rp25.000.000,00 (dua puluh lima juta rupiah) dan denda paling banyak Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).”
Selanjutnya, penelantaran rumah tangga menurut Pasal 9 UU PKDRT adalah:
  “(1) Setiap orang dilarang menelantarkan orang dalam lingkup rumah tangganya, padahal menurut hukum yang berlaku baginya atau karena persetujuan atau perjanjian ia wajib memberikan kehidupan, perawatan ,atau pemeliharaan kepada orang tersebut.
(2) Penelantaran sebagaimana dimaksud ayat (1) juga berlaku bagi setiap orang yang mengakibatkan ketergantungan ekonomi dengan cara membatasi dan/atau melarang untuk bekerja yang layak di dalam atau diluar rumah sehingga korban berada di bawah kendali orang tersebut.”
Adapun contohnya termasuk juga tidak memberi nafkah kepada istri, membiarkan istrinya bekerja kemudian penghasilannya dikuasai suami, bahkan mempekerjakannya sebagai istri dan memanfaatkan ketergantungan istri secara ekonomi untuk mengontrol hidupnya.
Dalam UU PKDRT tidak hanya dijelaskan tentang definisi, macam-macam, dan sanksi bagi pelaku tindak kekerasan dalam rumah tangga, namun pada Pasal 10 dijelaskan pula hak-hak yang ada pada korban. 
Korban berhak mendapatkan:
a. Perlindungan dari pihak keluarga, kepolisian, kejaksaan, pengadilan, advokat, lembaga sosial, atau pihak lainnya baik sementara maupun berdasarkan penetapan perintah perlindungan dari pengadilan;
b. Pelayanan kesehatan sesuai dengan kebutuhan medis;
c. Penanganan secara khusus berkaitan dengan kerahasiaan korban;
d. Pendampingan oleh pekerja sosial dan bantuan hukum pada setiap tingkat proses pemeriksaan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan; dan
e. Pelayanan bimbingan rohani.
2Perlindungan Anak
A. Pengertian Anak Dalam Bidang Hukum
a. Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (BW)
Pasal 330 yang berbunyi:
Ayat 1: Memuat batas antara belum dewasa (minderjerigheid) degan telah dewasa (meerderjarigheid) yaitu 21 tahun, keculai:
a. Anak itu sudah kawin sebelum berumur 21 tahun.
b. Pendewasaan (venia aetetis Pasal 419).
Ayat 2: Menyebutkan bahwa pembubaran perkawinan yang terjadi pada seseorang sebelum berusia 21 tahun, tidak mempunyai pengaruh terhadap status kedewasaannya.
Ayat 3: Menyebutkan bahwa seorang yang belum dewasa yang tidak berada di bawah kekuasaan orang tua akan berada di bawah perwalian.
b. Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan
Undang-Undang ini ini tidak langsung mengatur tentang masalah ukuran kapan seseorang digolongkan anak, tetapi secara tersirat tercantum dalam pasal 6 ayat 2 yang memuat ketentuan syarat perkawinan bagi seorang yang belum mencapai umur 21 tahun harus mendapat izin kedua orang tua.
Dalam Pasal 7 ayat 1 memuat batas minimum usia untuk dapat kawin bagi pria adalah 19 tahun, bagi wanita 16 tahun.
Menurut Prof. H. Hilman Hadikusuma SH menarik garis batas antara belum dewasa dan sudah dewasa, tidak perlu dipermasalahkan, oleh karena pada kenyataannya walaupun orang belum dewasa namun ia telah dapat melakukan perbuatan hukum, misalnya anak yang belum dewasa telah melakukan jual-beli, berdagang dan sebagainya, walaupun ia belum berwenang untuk kawin.
Pasal 47 ayat 1 menyatakan bahwa anak yang belum mencapai umur 18 tahun atau belum pernah melakukan pernikahan ada di bawah kekuasaan orang tuanya selama mereka tidak dicabut kekuasaan orang tuanya.
Pasal 50 ayat 1 berbunyi anak yang belum mencapai umur 18 tahun atau belum pernah kawin, yang tidak berada di bawah kekuasaan orang tua, berada di bawah kekuasaan wali.
Dari Pasal-Pasal dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa dalam Undang-Undang tersebut menentukan batas belum dewasa adalah 16 tahun dan 19 tahun.    
c. Yurisprudensi Mahkamah Agung
Dalam Yurisprudensi tetap batas kedewasaan, tidak seragam. Sebagai gambaran dalam putusan MA No. 53 K/Sip/1952 tanggal 1 Juni 1955, 15 tahun dianggap telah dewasa untuk perkara yang terjadi di daerah Bali.
Dalam putusan MA No. 601 K/Sip/1976 tanggal 18-11-1976, umur 20 tahun dianggap telah dewasa untuk perkara yang terjadi di daerah Jakarta.
d. Hukum Kebiasaan (Hukum Adat dan Hukum Islam)
Menurut hukum adat tidak ada ketentuan yang pasti kapan seseorangdapat dianggap dewasa dan kewenangan untuk bertindak. Hasil penelitian Mr. R. Soepomo tengtang hukum perdata Jawa Barat dijelaskan bahwa ukuran kedewasaan seseorang diukur dari segi:
a. Dapat bekerja sendiri (mandiri).
b. Cakap untuk melakukan apa yang disyaratkan dalam kehidupan bermasyarakat dan bertanggung jawab.
c. Dapat mengurus harta kekayaannya sendiri.
Sebagai kesimpulan dapat dikatakan bahwa dalam hukum adat ukuran kedewasaan tidak berdasarkan hitungan usia tapi pada ciri tertentu yang nyata.
 Demikian pula pada hukum islam, batasan kedewasaan tidak berdasar hitungan usia, tetapi sejak ada tanda-tanda perubahan badaniyah, baik bagi anak pria, demikian pula bagi wanita.
B. Pengertian Hukum Perlindungan Anak
Menurut Arif Gosita SH, dikatakan bahwa hukum perlindungan anak sebagai hukum (tertulis maupun tidak tertulis) yang menjamin anak benar-benar dapat melaksanakan hak dan kewajibannya.
Bismar Siregar SH, meyebutkan aspek hukum perlindungan anak, lebih dipusatkan kepada hak-hak anak yang diatur hukum dan bukan kewajiban, mengingat secara hukum (yuridis) anak belum dibebani kewajiban.
Mr. H. De Bie merumuskan kinderrecht (Aspek Hukum Anak) sebagai keseluruhan ketentuan hukum yang mengenai perlindungan, bimbingan, dan peradilan anak/remaja, seperti yang diatur dalam BW, Hukum Acara Perdata, Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dan Hukum Acara Pidana serta peraturan pelaksanaannya.
Menurut Prof. Mr. J. E. Doek dan Mr . H. MA. Drewes memberi pengertian jengdrecht (hukum (perlindungan) anak muda) dalam 2 pengertian masing-masing pengertian luas dan sempit.
Dalam pengertian luas: segala aturan hidup yang memberi perlindungan kepada mereka yang belum dewasa dan memberi kemungkinan bagi mereka untuk berkembang.
Dalam pengertian sempit: meliputi perlindungan hukum yang terdapat dalam:
a. Ketentuan Hukum Perdata (regels van civiel recht).
b. Ketentuan Hukum Pidana (regels van strafrecht).
c. Ketentuan Hukum Acara (Procesrechtlijke regels).
   CRuang Lingkup Perlindungan Anak
Secara garis besar disbutkan bahwa perlindungan anak dapat dibedakan dalam 2 pengertian.
a. Perlindungan yang bersifat yuridis, yang meliputi perlindungan dalam:
1. Bidang hukum pubilik.
2. Bidang Hukum Keperdataan.
b. Perlindungan yang bersifat non yuridis, meliputi:
1. Bidang Sosial.
2. Bidang Kesehatan.
3. Bidang Pendidikan. 
   DKetentuan Undang-Undang tentang Hak Anak
UUD 1945 Pasal 34 menyatakan bahwa negara memberi perlindungan kepada fakir miskin dan anak-anak terlantar. Kemudian UU tersebut teraplikasikan dengan adanya UU No. 4 Tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak. Pengertian kesejahteraan anak dalam UU tersebut adalah anak yang dapat menjamin pertumbuhan dan perkembangan dengan wajar baik secara rahasia, jasmani maupun sosial.
Dalam Pasal 2 Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1979 merumuskan hak-hak anak sebagai berikut:
a. Anak berhak atas kesejahteraan, perawatan, asuhan, dan bimbingan berdasarkan kasih sayang baik dalam keluarganya maupun di dalam asuhan khusus untuk tumbuh dan berkembang dengan wajar.
b. Anak berhak atas pelayanan untuk mengembangkan kemampuan dan kehidupan sosialnya, sesuai dengan kepribadian bangsa dan untuk menjadi warga negara yang baik dan berguna.
c. Anak berhak atas pemeliharaan dan perlindungan, baik semasa dalam kandungan maupun sesudah dilahirkan.
d. Anak berhak atas perlindungan terhadap lingkungan hidup yang dapat membahayakan atau mengahambat pertumbuhan dan perkembangan dengan wajar.
Dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak diatur tentang hak dan kewajiban anak (Pasal 4-19), kewajiban dan tanggungjawab pemerintah dan negara (Pasal 21-24), Kewajiban dan Tanggung Jawab Masyarakat (Pasal 25), Kewajiban dan Tanggung Jawab Keluarga dan Orang Tua (Pasal 26), Identitas Anak (Pasal 27-28), Anak yang Dilahirkan dari Perkawinan Campuran (Pasal 29), Kuasa Asuh (Pasal 30-32), Perwalian (Pasal 33-36), Pengasuhan Anak (Pasal 37-38), Pengangkatan Anak (Pasal 39-41), Penyelenggaraan Perlindungan Agama (Pasal 42-43), Perlindungan Kesehatan (Pasal 44-47), Penyelenggaraan Pendidikan (Pasal 48-54), Jaminan Sosial (Pasal 55-58), Perlindungan Khusus (Pasal 59-71), Peran Masyarakat (Pasal 72-73), Komisi Perlindungan Anak Indonesia (Pasal 74-76), Ketentuan Pidana (Pasal 77-90). 
E. Kegunaannya Dalam Pembangunan Hukum Nasional
Dalam usahan untuk meningkatkan kesejahteraan pada anak di Indonesia, maka diperlukan suatu peraturan khusus dan diperlukan pula peraturan tersebut disesuaikan dengan perkembangan zaman.
Berdasarkan fakta dilapangan, banyaknya peraturan-peraturan  baik tertulis maupun tidak tertulis yang masih mengesampingkan hak-hak anak.
Masalah pokok yang dihadapi oleh sebagian besar Negara yang sedang berkembang termasuk Indonesia, adalah masih banyaknya anak-anak yang harus memikul tanggungjawab di luar batas kemampuannya, sebagai kenyataan hidup yang dihadapi, antara lain kehidupan sosial, budaya, ekonomi, dan sebagainya.
Oleh karena masalah perlindungan tidak hanya mencakup masalah hukum saja, namun mencakup masalah yang lebih luas lagi seperti permasalahan sosial, budaya, ekonomi, dan sebaginya.
Keseluruhan hak-hak anak yang dilindungi hukum akan dapat berhasil bagi kehidupan anak, apabila syarat-syarat sebagai berikut dapat dipenuhi, yaitu:
1. Faktor ekonomi dan sosial yang dapat menunjang keluarga anak;
2. Nilai budaya yang memberi kebebasan bagi pertumbuhan anak;
3. Solidaritas anggota masyarakat untuk meningkatkan kehidupan anak.     
  BAB III 
                                                            PENUTUP
  DAFTAR PUSTAKA
Ihromi, T.O, Kajian Wanita dalam Pembangunan, Jakarta: Yayasan Obor, 1995
Irianto, Sulisttyowati, Perempuan dan Hukum: Menuju Hukum yang Berperspektif Kesetaraan dan Keadilan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2006
Irianto, Sulistyowati dan L.I. Nurtjahyo, Perempuan di Persidangan: Pemantauan Peradilan Berperspektif Perempuan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2006
Kompilasi Hukum Islam
Saraswati, Rika, Perempuan dan Penyelesaian Kekerasan dalam Rumah Tangga, Bandung: PT Citra Aditya Bakti, 2009
Sihite, Romany, Perempuan, Kesetaraan, dan Keadilan: Suatu Tinjauan Berwawasan Gender, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2007
Soemitro, Irma Setyowati, Aspek Hukum Perlindungan Anak, Jakarta: Bumi Aksara, 1990
Soesilo, Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Serta Komentar-Komentarnya Lengkap Pasal Demi Pasal, (Bogor: Politeia, 1991)
Subekti, R dan R. Tjitrosudibio, Kitab Undang-Undang Hukum Perdata dengan Tambahan Undang-Undang Pokok Agraria dan Undang-Undang Perkawinan, Jakarta: Pradnya Paramita, 2008
Undang-Undang Nomor. 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan
Undang-Undang Nomor. 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak
Undang-Undang Nomor. 23 Tahun 2004 Tentang Penghapusan Kekerasan dalam  Rumah Tangga