Kamis, 14 September 2023

Arti Sakinah Mawaddah Warrohmah


Banyak pasangan yang mendambakan menjadi sepasang kekasih yang sakinah mawaddah dan rahmah. Lalu apa yang dimaksud dengan ketiganya?

Sakinah adalah kedamaian. Berdasar ayat-ayat Al Quran (Q.S Al Baqarah: 248, Q.S At Taubah: 26 dan 40, Q.S Al Fath: 4,18, dan 26, sakinah atau kedamaian didatangkan dari Allah ke dalam hati para Nabi dan orang-orang yang beriman agar tabah, tidak gentar menghadapi rintangan apapun. Berdasar arti kata sakinah pada ayat-ayat tersebut, maka sakinah dalam keluarga dapat dipahami sebagai keadaan yang tetap tenang meskipun menghadapi banyak rintangan.

Mawaddah ialah cinta. Istilah ini bermakna bahwa orang yang memiliki cinta di hatinya akan lapang dada, penuh harapan, dan jiwanya akan selalu berusaha menjauhkan diri dari keinginan buruk. Ia akan senantiasa menjaga cinta di kala senang maupun sedih.

Rahmah ialah kasih sayang. Istilah ini bermakna keadaan jiwa yang dipenuhi dengan kasih saying. Rasa kasih saying ini menyebabkan seseorang akan berusaha memberikan kebaikan, kekuatan, dan kebahagiaan orang lain dengan cara-cara yang lembut dan penuh kesabaran

Sumber rujukan:
Halaman 11-12 Buku Fondasi Keluarga Sakinah (Bacaan Mandiri Calon Pengantin) Penulis Subdit Bina Keluarga Sakinah Direktorat Bina KUA & Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam Kemenag RI tahun 2017.

Edisi Pertama

#penyuluhanagamaislam

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda