Rabu, 20 September 2023

Fungsi Keluarga

 


Secara sosiologis, fungsi keluarga sebagai berikut:

1. Fungsi biologis. Keluarga sebagai tempat yang baik untuk melangsungkan keturunan secara sah. Salah satu tujuan disunnahkan pernikahan dalam agama untuk memperbanyak keturunan yang berkualitas.

2. Fungsi edukatif. Keluarga juga berfungsi sebagai tempat untuk melangsungkan pendidikan pada seluruh anggotanya. Orang tua wajib memenuhi hak-hak pendidikan yang harus diperoleh anak-anaknya.

3. Fungsi religius. Keluarga juga menjadi tempat untuk menanamkan nilai-nilai agama paling awal. Orang tua memiliki tanggung jawab untuk memberikan pemahaman, penyadaran dan memberikan contoh dalam keseharian tentang ajaran keagamaan yang mereka anut.

4. Fungsi protektif. Keluarga harus menjadi tempat yang dapat melindungi seluruh anggota dari seluruh gangguan, baik dari dalam maupun luar. Keluarga juga harus menjadi tempat ayang aman untuk memproteksi anggotanya dari pengaruh negatif dunia luar.

5. Fungsi sosialisasi. Keluarga juga berfungsi sebagai tempat untuk melakukan sosialisasi nilai-nilai sosial dalam keluarga. Melalui nilai-nilai ini, anak-anak diajarkan untuk memegang teguh norma kehidupan yang sifatnya universal sehingga mereka dapat menjadi anggota masyarakat berkarakter.

6. Fungsi rekreatif. Keluarga dapat menjadi tempat untuk memberikan kesejukan dan kenyamanan seluruh anggotanya, menjadi tempat beristirahat yang menyenangkan untuk melepas lelah.

7. Fungsi ekonomis. Kemapanan hidup dibangun atas pilar ekonomi yang kuat. Untuk memenuhi kebutuhan dasar anggota keluarga, dibutuhkan kemapanan ekonomi.

Sumber rujukan:
Halaman 15-16 Buku Fondasi Keluarga Sakinah (Bacaan Mandiri Calon Pengantin) Penulis Subdit Bina Keluarga Sakinah Direktorat Bina KUA & Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam Kemenag RI tahun 2017.

Edisi Kelima




0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda