Senin, 01 April 2013

Harta Bersama


BAB I
PENDAHULUAN
Gono-gini atau harta bersama adalah harta yang diperoleh pasangan suami istri secara bersama-sama selama masa dalam ikatan perkawinan. Perbincangan masalah gono-gini sering menjadi buah bibir masyarakat dan menyita perhatian publik. Perkara perceraian yang menjadi pokok perkara justru akan semakin rumit dan berbelit-belit, bahkan sering memanas dalam sidang-sidang perceraian di pengadilan bila dikomulasi dengan tuntutan pembagian gono-gini. 
Ketentuan tentang gono-gini atau harta bersama, sudah jelas dalam hukum positif yang berlaku di Indonesia, bahwa harta yang boleh dibagi secara bersama bagi pasangan suami istri yang bercerai adalah hanya terbatas pada harta gono-gini atau harta bersama sepanjang tidak ditentukan lain dalam perjanjian perkawinan. Di dalam hukum positif yang berlaku di Indonesia, gono-gini atau herta bersama diatur dalam Pasal 35 Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, Pasal 119 KHUPerdata, dan Pasal 85 dan 86 Kompilasi Hukum Islam (KHI). Pengaturan harta gono-gini ini diakui secara hukum, termasuk dalam pengurusan, penggunaan, dan pembagiannya. 
Ketentuan tentang harta gono-gini juga diatur dalam hukum Islam meskipun hanya bersifat umum dan tidak diakuinya percampuran harta kekayaan suami istri, namun ternyata setelah dicermati dan dianalisis yang tidak bisa dicampur adalah harta bawaan dan harta perolehan. Hal ini sama dengan ketentuan yang berlaku dalam hukum positif, bahwa kedua macam harta itu (harta bawaan dan harta peroleh) harus terpisah dari harta gono-gini itu sendiri. 
Dalam kitab-kitab fiqh klasik, harta gono-gini atau harta bersama diartikan sebagai harta kekayaan yang dihasilkan oleh suami istri selama mereka diikat oleh tali perkawinan, atau dengan kata lain bahwa harta gono-gini atau harta bersama adalah harta yang dihasilkan dengan jalan syirkah (kongsi) antara suami dan istri sehingga terjadi percampuran harta yang satu dengan yang lain dan tidak dapat dibedakan lagi. Dalam makalah ini akan dibahas harta gono gini menurut Hukum Islam, BW, Hukum Adat dan UU. No.1 tahun 1974. Mudah-mudahan makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian.
                                                                            BAB II
                                                                     PEMBAHASAN
A. Harta Bersama Menurut Hukum Islam
Menurut Hukum Islam ada dua versi jawaban yang dapat dikemukakan tentang harta bersama tersebut, sebagaimana yang diuraikan dibawah ini:
1. Tidak dikenal harta bersama, kecuali dengan syirqah.
Berbeda dengan sistem Hukumn Perdata (BW), dalam Hukum Islam tidak dikenal percampuran harta bersama antara suami dan istri karena perkawinan. Harta kekayaan istri tetap menjadi milik istri dan dikuasai sepenuhnya oleh istri tersebut; demikian juga harta kekayaan suami tetap hak milik suami dan dikuasai sepnuhnya olehnya. Oleh karena itu pula wanita yang bersuami tetap dianggap cakap bertindak tanpa bantuan suami dalam soal apapun termasuk mengurus harta benda, sehingga ia dapat melakukan perbuatan hukum dalam masyarakat.
Argumentasi yang dikemukakan pada bagian pertama tadi bahwa tidak ada harta bersama antara suami istri, kecuali adanya Syirqah pendapat itu bertitik tolak dari beberapa ayat Quran antara lain:
“Bahwa suami sebagai kepala keluarga dan mempnyai kewajiban mutlak harus memberi nafkah kepada baik istri maupun anak-anak” (An-Nisa: 34)
 “Berikanlah tempat tinggal kepada istri (para istri) kamu dimana kamu bertempat tinggal dan janganlah kamu menyusahkan mereka” (An-Nisa: 6) 
Karena istri mendapat perlindungan baik tentang nafkah lahir, nafkah batin, moral dan material, maupun tempat tinggal, biaya pemeliharaan serta pendidikan anak-anak, menjadi tanggung jawab penuh suami sebagai kepala keluarga. Berarti sang istri dianggap pasif menerima apa yang datang dari suami, maka tidak ada harta bersama antara suami dan istri. Sepanjang apa yang diberikan oleh suami kepada istri di luar pembiayaan rumah tangga dan pendidikan anak-anak, misalnya hadiah berupa perhiasaan, itulah yang menjadi hak istri dan tidak boleh diganggu gugat lagi oleh suami, apa yang diusahakan oleh suami keseluruhannya tetap menjadi hak milik suami, kecuali bila ada syirqah.
Dengan perkawinan menjadikan sang istri Syarikah Ar-Rajuli fi Al-Hayati = kongsi (sekutu) dalam melayani bahtera hidup, maka antara suami istri dapat terjadi syirqah abdan (pengongsian tidak terbatas). Bila harta kekayaan suami istri itu bersatu karena Syirqah, (syirqah) seakan-akan merupakan harta kekayaan tambahan, karena usaha bersama suami istri selama perkawinan menjadi milik bersama, karena itu apabila kelak perjanjian itu terputus karena perceraian atau thalaq, maka harta syirqah tersebut dibagi antara suami istri yang turut serta berusaha dalam syirqah. Dalam Jurisprudensi di Indonesia dapat dilihat keadaan ini pada Keputusan Landraad Serang tertanggal 29 Agutus 1929, yang didasarkan kepada pendapat Raad van Justice Jakarta tanggal 28 Desember 1928, meskipun barang- barang diperoleh karena pekerjaan dan kewajiban bersama kecuali jika hal itu dengan jelas disetujui pada waktu perkawinan. Dapat juga dilihat dalam Ketetapan/Fatwa Syariqah tentang harta bersama antara suami istri yang ditetapkan oleh Pengadilan Agama Jakarta Timur tanggal 7 Februari 1978, Nomor 21/C/1978, dalam pertimbagan hukumnya mengemukakan sebagaimana disebut di bawah ini:
Apabila terjadi Syirqah (Syariqah harta bersama) pada satu masa tertentu, maka harta tersebut dibagi dua, kalau terjadi perceraian atau meninggal dunia salah satu pihak. Demikian pula dengan Fatwa Pengadilan Agama Jakarta Timur, tanggal 28 April 1975, Nomor 54/C/1975, mengemukakan:
   النساء:34) لِلرِّجَالِ نَصِيبٌ مِمَّا اكْتَسَبُوا وَلِلنِّسَاءِ نَصِيبٌ مِمَّا اكْتَسَبْنَ( 
“Bagi laki-laki ada bagian harta peninggalan dari usahanya dan bagi perempuan mempunyai pula bagian dalam usahanya.”
1. Harta Bersama Antara Suami Istri 
Pendapat kedua adalah pendapat yang paling mutakhir yang menyatakan bahwa adanya harta bersama antara suami istri. Pendapat yang kedua ini mengakui bahwa apa yang diatur oleh Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974, sepanjang mengenai harta bersama seperti ketentuan dalam pasal 35, 36, dan 37, sesuai dengan kehendak atau aspirasi hukum islam, sebagaimana dijelaskan dalam Q.S Al-Baqarah: 228. Selanjutnya dalam Q.S An-Nisa: 21, 34, 19, dan Ar-Rum: 21. Pendapat yang mengatakan bahwa ada harta bersama dalam perkawinan antara suami istri itu, bertitik tolak dari ayat-ayat Quran antara lain sebagai berikut:
    وَعَاشِرُوهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ فَإِنْ كَرِهْتُمُوهُنَّ فَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَيَجْعَلَ اللَّهُ فِيه خَيْرًا كَثِيرًا
“Dan bergaullah dengan mereka secara patut. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.” (An-Nisa: 19)
وَأَخَذْنَ مِنْكُمْ مِيثَاقًا غَلِيظًا
“Dan mereka (istri-istrimu) telah mengambil dari kamu perjanjian yang kuat.” (An-Nisa : 21)
الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاءِ بِمَا فَضَّلَ اللَّه بَعْضَهُمْ عَلَى بَعْضٍ وَبِمَا أَنْفَقُوا مِنْ أَمْوَالِهِمْ
“Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka.” (An-Nisa: 34)
وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً
“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang.” (Ar-Rum: 21)
وَلَهُنَّ مِثْلُ الَّذِي عَلَيْهِنَّ بِالْمَعْرُوفِ
“Dan para wanita mempunyai hak yang seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang makruf.” (Al-Baqarah: 228)
Bertitik tolak dari pendapat tersebut, Prof. Dr. Hazairin, S.H., dan Sajuti Thalib, S.H berpendapat bahwa menurut hukum islam harta yang diperoleh suami dan istri karena ushanya, adalah harta bersama, baik mereka bekerja bersama-sama atau hanya sang suami saja yang bekerja sedangkan istri hanya mengurus rumah tangga beserta anak-anak saja di rumah. Ketika mereka terikat itu terikat dalam perjanjian perkawinan sebagai suami istri maka semuanya menjadi bersatu, baik harta maupun anak-anak, seperti yang diatur oleh Al-Quran Surah An-Nisa ayat 21. Tidak perlu diiringi dengan syirqah, sebab perkawinan dengan Ijab-Qabul serta memenuhi persyaratan lain-lainnya seperti adanya Wali, Saksi, Mahar, Illanun Nikah sudah dapat dianggap adanya syirqah antara suami istri itu.
Bilamana istri dari seorang suami hamil, kemudian melahirkan anak, sedangakan suami tidak turut mengandung anak yang dikandung istrinya itu dan tidak pula turut serta menderita melahirkan anak tetapi anak tersebut tidak dapat dikatakan hanya ana dari istri saja, sebab anak itu adalah anak dari hasil perkawinan antara suami istri, bahkan lazimnya lebih ditonjolkan nama suami  atau ayah dibelakang nama anak. Demikian pula halnya bilamana suami saja yang bekarja, berusaha dan mendapat harta, tidak dapat dikatakan bahwa harta itu hanya harta suami saja, melainkan telah menjdai harta bersama suami istri. Apabila terjadi putus hubungan perkawinan, baik karena cerai atau thalaq atas permohonan suami, atau atas gugatan pihak istri, maka harta bersama yang diperoleh selama perkawinan itu harus dibagi antara suami istri, kesetaraan yang sama.
2. Kewenangan Mengadili Tentang Sengketa Harta Bersama 
Menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974, pasal 35, 36, dan 37, maka untuk orang yang beragama islam harus diadili oleh Pengadilan Agama, tetapi berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 1975, junto Surat Edaran Mahkamah Agung Republik Indonesia tertanggal 20 Agustus 1975, K. A Pemb./0807/75; menyatakan bahwa yang baru diatur pelaksanaannya dalam Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 1975 hanya mengenai nikah, thalaq, rujuk, beristri lebih dari satu dan dispensasi kawain saja, selain dari itu masih tetap wewenang Pengadilan Negeri. Tetapi Pengadilan Negeri baru dapat melaksankan pembagian harta bersama tersebut apabila keputusan Pengadilan Agama tentang perceraian itu sudah mempunyai kekuatan hukum yang pasti (In Kracht van Gewisdje), yaitu telah dikukuhkan oleh Pengadilan Negeri Vide pasal 63, Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974, Juncto pasal 36 PP Nomor 9 Tahun 1975.  
B. Menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974
Dalam Bab VII pasal 35, 36, dan 37 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974, tentang harta benda dalam perkawinan diatur sebagai berikut:
“Harta benda yang diperoleh selama perkawinan menjadi harta bersama.” (Pasal 35 (1)
“Mengenai harta bersama suami dan istri dapat bertindak atas persetujuan kedua belah pihak.” (Pasal 36 (1)
“Bila perkawianan putus karena perceraian, maka harta bersama diatur menurut hukumnya masing-masing” (Pasal 37)
Jelaslah bahwa harta yang diperoleh selama perkawinan berlangsung, karena usahanya menjadi harta bersama. 
C. Harta Bersama Menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (BW)
Menurut ketentuan pasal 119 BW, mulai saat perkawinan dilangsungkan demi hukum berlakulah persatuan bulat harta kekayaan antara suami istri, sekedar mengenal hal itu tidak diadakan perjanjain perkawianan atau ketentuan lainnya. Peraturan itu selama perkawinan berlangsung tidak boleh ditiadakan atau diubah dengan persetujuan antara suami istri, segala hasil dan pendapatan, demikian juga segala hutang dan rugi sepanjang perkawinan itu berlangsung harus diperhitungkan atas mujur malang persatuan, menurut pasal 122 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Dengan demikian menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (BW), istri tidak dapat bertindak sendiri tanpa bantuan suami. Sekali mereka melakukan perkawinan harta kekayaan menjadi bersatu demi hukum, kecuali mengadakan perjanjian bahwa harta berpisah.
D. Harta Bersama Dalam Kompilasi Hukum Islam\
BAB XIII
HARTA KEKAYAAN DALAM PERKAWINAN
Pasal 85
Adanya harta bersama dalam perkawinan itu tidak menutup kemungkinan adanya harta milik masing-masing suami atau isteri.
Pasal 86
1. Pada dasarnya tidak ada percampuran antara harta suami dan harta isteri karena perkawinan.
2. Harta isteri tetap menjadi hak isteri dan dikuasi penuh olehnya, demikian juga harta suami tetap menjadi hak suami dan dikuasi penuh olehnya.
Pasal 87
1. Harta bawaan masing-masing suami dan isteri dan harta yang diperoleh masing-masing sebagai hasiah atau warisan adalah dibawah penguasaan masing-masing, sepanjang para pihak tidak menentukan lain dalam perjanjian perkawinan.
2. Suami dan isteri mempunyai hak sepenuhnya untuk melakukan perbuatan hukum atas harta masing-masing berupa hibah, hadiah, sodaqah atau lainnya.
Pasal 88
Apabila terjadi perselisihan antara suami isteri tentang harta bersama, maka penyelesaian perselisihan itu diajukan kepada Pengadilan Agama.
Pasal 89
Suami bertanggung jawab menjaga harta bersama, harta isteri maupun harta sendiri.
Pasal 90
Isteri turut bertanggung jawab menjaga harta bersama maupun harta suami yang ada padanya.
Pasal 91
1. Harta bersama sebagaimana tersebut dalam pasal 85 di atas dapat berupa benda berwujud atau tidak berwujud.
2. Harta bersaa yang berwujud dapat meliputi benda tidak bergerak, benda bergerak dan surat-surat berharga.
3. Harta bersama yang tidak berwujug dapat berupa hak maupun kewajiban.
4. Harta bersama dapat dijadikan sebagai barang jaminan oleh salah satu pihak atas persetujuan pihak lainnya.
Pasal 92
Suami atau isteri tanpa persetujuan pihak lain tidak diperbolehkan menjual atau memindahkan harta bersama.
Pasal 93
1. Pertanggungjawaban terhadap hutang suami atau isteri dibebankan pada hartanya masing-masing.
2. Pertanggungjawaban terhadap hutang yang dilakukan untuk kepentingan keluarga, dibebankan kepada harta bersama.
3. Bila harta bersama tidak mencukupi, dibebankan kepada harta suami.
4. Bila harta suami tidak ada atau mencukupi dibebankan kepada harta isteri
Pasal 94
1. Harta bersama dari perkawinan seorang suami yang mempunyai isteri lebih dari seorang, masing-masing terpisah dan berdiri sendiri.
2. Pemilikan harta bersama dari perkawinan seorang suami yang mempunyai isteri lebih dari seorang sebagaimana tersebut ayat (1), dihitung pada saat berlangsungnya akad perkawinan yang kedua, ketiga atau keempat.
Pasal 95
1. Dengan tidak mengurangi ketentuan pasal 24 ayat (2) huruf c Peraturan Pemerintah No.9 tahun 1975 dan pasal 136 untuk meletakkan sita jaminan atas harta bersama tanpa adanya permohonan gugatan cerai, apabila salah satu melakukan perbuatan yang merugikan dan membahayakan harta bersama seperti judi, mabuk, boros, dan sebagainya.
2. Selama masa sita dapat dikakukan penjualan atas harta bersama untuk keperluan keluarga dengan izin Pengadilan Agama.
Pasal 96
1. Apabila terjadi cerai mati, maka separuh harta bersama menjadi hak pasangan yang hidup lebih lama,.
2. Pembangian harta bersama bagi seorang suami atau isteri yang isteri atau suaminya hutangharus ditangguhkan sampai adanya kepastian matinya yang hakiki atau matinya secara hokum atas dasar putusan Pengadilan Agama.
Pasal 97
Janda atau duda cerai masing-masing berhak seperdua dari harta bersama sepanjang tidak ditentukan lain dalam perjanjian perkawinan.
E. Harta Bersama Menurut Hukum Adat   
Adapun macam-macam harta bersama menurut hukum adat:
1. Harta yang diperoleh sebelum perkawinan oleh para pihak karena usahnya masing-masing, di Bali disebut Guna Kaya (lain dari Guna Kaya Sunda), di Sumatera Selatan disebut Harta Pembujangan, bila dihasilkan oleh perawan (gadis), di Minangkabau dikenal dengan harta Pembujang. Harta janda ini adalah hak dan dikuasai oleh masing-masing pihak. Apabila terjadi putusnya perkawinan kembali pula kepada masing-masing pihak suami istri itu.
2. Harta yang pada saat mereka menikah diberikan kepada ke 2 (dua) mempelai itu, mungkin berupa modal usaha, atau berbentuk perabot rumah tangga ataupun rumah tempat tinggal pasangan suami istri itu, yang lazim disebut harta asal (Minagkabau), kembali kepada keluarga (orang tua) yang memberikan semula.
3. Harta yang diperoleh selama perkawinan berlangsung, tetapi bukan karena usahanya, misalnya karena hibah, wasiat, atau kewarisan dari orang tua, keluarga dekat, di Jawa Tangah, Jawa Timur dan Yogyakarta disebut harta Gawan, Jakarta disebut Barang Usaha, Banten disebut Sulu, Jawa Barat dikatakan Barang Benda, atau Barang Asal (Barang Pusaka) di Aceh dikenal dengan istilah (hareuta Asal atau Pusaka), di Ngaju Dayak, disebut dengan Pinbit, dan Minangkabau dikenal dengan harta Pusaka Tinggi.
4. Harta yang diperoleh sesudah mereka berada dalam hubungan perkawinan berlangsung, atas usaha mereka berdua atau usaha salah seorang mereka atau disebut Harta Pencaharian. Di Aceh Hareuta Sihaerukat  di Bali dikenal dengan Druwe Cabro, di Jawa disebut Harta gono-gini atau Barang Guna, di Kalimantan disebut Barang Papantangan di Minangkabau disebut Guna Ghana, di Jawa Barat dikenal dengan istilah Guna Kaya; disamping itu ada istilah lain dengan pengertian agak berbeda yaitu: Manggih Kaya, dan Nyalindung Kagelung, di Daerah Bugis (Makasar) disebut dengan istilah makruf, dengan barang Cakkara’.
Tentang harta jenis pertama dan kedua sudah dijelaskan di atas, sedangkan jenis ketiga tetap kembali kepada keluarga asal apabila perkawinan terputus. Harta benda jenis keempat, dibagi secara berimbang segendong sepikul  (Jawa Barat), dua berbanding satu (Jawa Timur), atau mungkin berbagi sama banyaknya, dilihat dari sudut banyak sedikitnya atau besar kecilnya usaha mereka suami istri itu masing-masing. 
    
                                                                     BAB III
                                                                   PENUTUP
Tidak adanya kesepakatan mengenai harta bersama setidaknya menghasilkan adanya dua pendapat yang berbeda. Pertama, tidak ada harta bersama kecuali melalui syirqah (perjanjian) antara suami istri yang dibuat sebelum atau pada saat perkawinan itu dilangsungkan. Dalam perjanjian itu harus ditegaskan bahwa ada harta bersama antara suami istri itu selama perkawinan berlangsung. Kedua, harta bersama itu ada secara otomatis dengan diadakannya perkawinan, baik itu suami istri bekerja secara bersama ataupun hanya salah satu pihak saja yang bekerja.
Harta bersama baru dapat dibagi apabila salah satu pihak meninggal atau karena adanya perceraian antara suami istri. Adapun prosedur pembagian biasanya dibagi seperdua, namun pembagian ini tidaklah mutlak untuk diikuti. Pendapat ini bisa saja berubah dengan adanya pertimbangan-pertimbangan lain yang ada pada masing-masing pihak. Hakim dapat memberikan keputusan mengenai jumlah harta bersama, jika telah mengetahui latar belakang penghasilan, pekerjaan, dan sebagainya antara suami istri.
Lembaga Peradilan yang mempunyai kewenangan untuk memutuskan perkara harta bersama yaitu: Pertama,  Pangadilan Agama, itu ditujukan bagi orang-orang yang beragama islam. Kedua, Pengadilan Negeri, apabila pihak-pihak yang mengajukan permohonan tidak beragama islam.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda