Senin, 01 April 2013

Analisis Perceraian Berikut Dampak atau Akibatnya


                                               Analisis Perceraian Berikut Dampak atau Akibatnya
A. Definisi Perceraian
Dalam islam, perceraian sering disebut dengan thalaq (طلاق). Secara bahasa thalaq diartikan dengan melepaskan ikatan, sedangkan secara istilah talak menurut istilah hukum syara’ adalah melepaskan atau memutuskan ikatan pernikahan. Artinya suami istri yang tadinya bersatu, dengan adanya perceraian memisahkan hubungan yang telah dibina dalam waktu yang relatif lama atau sejenak.
B. Macam-Macam Kekacauan Keluarga
Kekacauan keluarga dapat ditafsirkan sebagai “pecahnya suatu unit keluarga, terputusnya atau retaknya strukutur peran sosial jika satu atau beberapa anggota gagal menjalankan kewajiban mereka secukupnya”. Menurut definisi ini maka macam utama kekacauan keluarga adalah sebagai berikut.
1. Ketidaksahan. Ini merupakan unit keluarga yang tak lengkap. Dapat dianggap sama dengan bentuk-bentuk kegagalan peran lainnya dalam keluarga, karena sang “ayah-suami” tidak ada dan karenanya tidak menjalankan tugasnya seperti apa yang ditentukan oleh masyarakat atau oleh sang ibu. Tambahan pula, setidak-tidaknya ada satu sumber ketidaksahan dalam dalam kegagalan anggota-anggota keluarga baik ibu maupun bapak untuk menjalankan kewajiban peranannya.
2.  Pembatalan, Perpisahan, perceraian, dan meninggalkan. Terputusnya keluarga di sini disebabkan karena salah satu atau kedua pasangan itu memutuskan untuk saling meninggalkan, dan dengan demikian berhenti melaksanakan kewajiban perannya.
3. “Keluarga Selaput Kosong”. Di sini anggota-anggota keluarga tetap tinggal bersama tetapi tidak saling menyapa atau bekerjasama satu dengan yang lain dan terutama gagal memberi dukungan emosional satu kepada yang lain.
4. Ketiadaan seorang dari pasangan karena hal yang tidak diinginkan. Beberapa keluarga terpecah karena sang suami atau istri telah meninggal, dipenjarakan, atau terpisah dari keluarga karena peperangan, depressi, atau malapetaka yang lain.
5. Kegagalan peran penting yang ‘tak diinginkan’. Malapetaka dalam keluarga mungkin mencakup penyakit mental, emosional, atau badaniyah yang parah. Seorang anak mungkin terbelakang mentalnya atau seorang anak, seorang suami, istri mungkin menderita penyakit jiwa. Penyakit yang parah dan terus-menerus mungkin juga menyebabkan kegagalan dalam menjalankan peran utama.
C. Perubahan Sosial Yang Berpengaruh Terhadap Perceraian 
Di antara indikasi perubahan sosial yang cukup berpengaruh terhadap perceraian adalah:
1. Perubahan pada makna yang terkandung dalam perceraian. Beberapa waktu lalu, hampir setiap orang yang bercerai akan kehilangan kehormatan dalam lingkungan sosialnya atau terkucilkan dari kehidupan sosial. Pada masa itu, perceraian dianggap sebagai kegagalan dalam rumah tangga. Suatu konflik di tengah-tengah keluarga yang berujung pada perceraian dianggap sebagai kegagalan dalam membina kerukunan keluarga. Status sebagai janda dianggap memalukan dan menimbulkan kecurigaan dalam masyarakat. Namun seiring berubahnya waktu, status ini tidak lagi dipersoalkan, apalagi di kota besar status janda atau duda merupakan hal yang biasa bahkan bukan lagi menghambat suatu aktivitas. Hal ini karena tekanan yang ditonjolkan pada masyarakat kota adalah peran, bukan status individunya.
2. Perubahan pada longgarnya pengawasan kerabat, teman, dan lingkungan tetangga terhadap keutuhan keluarga. Kepedulian terhadap keutuhan keluarga barangkali hanya bisa dirasakan pada masa dulu. Pada masa itu, keutuhan keluarga menjadi tanggung jawab bersama. Dalam keluarga luas, krisis yang dihadapi keluarga melibatkan diri untuk mempertahankan perkawinan bagi keluarga yang sedang mengalami kritis. Kini, semuanya telah bergeser, sebuah perkawinan dipandang sebagai milik seseorang. Idealisme individual melihat bahwa perkawinan merupakan sebuah kegiatan praktis yang harus dilalui oleh seseorang. Seseorang dapat memilih untuk melanjutkan kegiatan yang praktis tersebut atau mencari kegiatan yang lebih dianggap praktis. Oleh karena itulah, dukungan dan tetangga terhadap keutuhan keluarga menjadi berkurang.
3. Tersedianya pilihan diluar keluarga. Saling bergantung antara suami istri merupakan indikasi keutuhan keluarga. Namun dewasa ini kebutuhan yang biasanya dipenuhi keluarga telah menyebabkan ketergantungan suami istri menjadi berkurang. Misalnya untuk memenuhi kebutuhan biologis yang biasanya dipenuhi dalam keluarga, kini dapat dicari di luar keluarga. Rumah makan, panti pijat, hotel, tempat hiburan dan sebagainya memungkinkan hilangnya ketergantungan antara suami dan istri. Kebutuhan yang bisa dipenuhi di luar keluarga dapat memberikan kesempatan bagi pasangan suami istri yang sedang mengalami krisis  untuk lebih tertarik pada berada di rumah.
4. Lahirnya tuntutan persamaan hak laki-laki dan wanita. Dalam masyarakat modern, perbedaan jenis kelamin tidak lagi menjadi kecenderungan bagi seseorang untuk memperoleh jabatan tertentu. Seseorang bisa menempati posisi tertentu bukan didasarkan atas gender, melainkan pada keahlian yang dimilikinya. Oleh karena itulah, kesempatan untuk merebut peluang karir bagi wanita semakin terbuka. Di sinilah letak masalahnya bagi hubungan antara suami dan istri yang sedang mengalami gangguan. Orientasi membangun keluarga pun bergeser dari orientasi untuk memperoleh keturunan menjadi orientasi meningkatkan karier. Di samping itu, perubahan orientasi ini juga mempengaruhi pasangan suami istri untuk mempertahankan perkawinan. 
D. Sebab-Sebab Terjadinya Perceraian.
Secara singkat, ketidakbahagiaan perkawinan telah berkembang sehingga kesediaan untuk menggunakan perceraian sebagai salah satu jalan keluar meningkat pesat.
Tidak diketahui secara pasti faktor yang menyebabkan naiknya tingkat perceraian yang terjadi pada suatu keluarga, apakah dikarenakan ketidakbahagiaan perkawinan atau adanya anggapan bahwa perkawinan hanya sebuah formalitas kebersamaan antara suami istri. Akan tetapi, yang benar-benar diketahui adalah sebagai berikut:
1. Perubahan pada cita rasa dan tata nilai yang sama antara suami istri. Kehidupan yang mendorong seseorang memiliki keahlian dan mobilitas modern yang makin meningkat, telah menjadikan tata nilai dalam keluarga antara suami dan istri yang menjadi berubah.
2. Tingkat ketergantungan secara ekonomis bagi istri terhadap suami semakin menurun. Para istri tempo dulu yang perkawinannya tidak bahagia, tidak mempunyai pilihan lain untuk menyelesaikan kemelut rumah tangga, kecuali tetap hidup bersama suaminya. Pada masa sekarang, para istri yang tidak bahagia bisa melakukan banyak pilihan, antara lain mencari pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya. Dalam keluarga yang istrinya bekerja di luar rumah, tingkat ketergantungan dengan suami menjadi kurang dan hal ini memungkinkan rumah tangga menjadi rapuh.
3. Perceraian berkembang dengan sendirinya karena meningkatnya seseorang yang mempunyai orang tua, kakak, dan kerabat lainnya yang bercerai. Seseorang yang sedang mengalami krisis sering melakukan komunikasi dan kontak sosial, baik langsung atau tidak langsung dengan orang yang pernah bercerai. Hal itu sering diikuti oleh keyakinan bahwa perceraian sebagai pola yang wajar diterima dari sebuah mimpi buruk yang menakutkan menjadi pilihan yang rasional.
Sebuah survey yang dilakukan oleh Geotge Lavinger pada tahun 1966 menyebutkan 12 alasan keluarga yang mengajukan permohonan cerai, yaitu: 
1. Karena pasangannya sering mengabaikan kewajiban terhadap rumah tangga dan anak, seperti jarang pulang ke rumah, tidak ada kepastian waktu berada di rumah, serta tidak adanya kedekatan emosional dengan anak dan pasangannya.
2. Masalah keuangan (tidak cukupnya penghasilan yang diterima untuk menghidupi keluarga dan kebutuhan rumah tangga).
3. Adanya penyiksaan fisik terhadap pasangan.
4. Pasangannya sering berteriak dan mengeluarkan kata-kata kasar serta menyakitkan.
5. Tidak setia, seperti punya kekasih lain, dan sering berzina dengan orang lain.
6. Ketidakcocokan dalam masalah hubungan seksual dengan pasangannya, seperti adanya keengganan atau sering menolak melakukan senggama, dan tidak bisa memberi kepuasan.
7. Sering mabuk.
8. Adanya keterlibatan/campur tangan dan tekanan sosial dari pihak kerabat pasangannya.
9. Sering muncul kecurigaan, kecemburuan serta ketidak percayaan dari pasangannya.
10. Berkurangnya perasaan cinta sehingga jarang berkomunikasi, kurangnya perhatian dan kebersamaan di antara pasangan.
11. Adanya tuntutan yang dianggap terlalu berlebihan sehingga pasangannya sering menjadi tidak sabar, tidak ada toleransi, dan dirasakan terlalu “menguasai”.
12. Kategori lain yang tidak termasuk 11 tipe keluhan diatas.
Dari kategori keluhan-keluhan tersebut, para suami menempatkan proporsi tertinggi pada dua macam keluhan yaitu:
1. Adanya campur tangan dan tekanan dari pihak kerabat istri.
2. Masalah ketidakcocokan dalam hubungan seksual.
Sedangkan para istri menempatkan proporsi menempatkan proporsi yang tertinggi pada tiga macam keluhan yaitu:
1. Suami sering melalaikan kewajiban terhadap rumah tangga dan anak.
2. Suami sering melakukan penyiksaan fisik.
3. Masalah keuangan.
Hal lain yang menarik untuk dicatat dan diperhatikan adalah bahwa perbandingan suami dan istri yang menyatakan faktor ketidaksetiaan pasangannya sebagai penyebab perceraian, sangat kecil dan hampir sebanding yaitu 20% : 24%.
Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa perbedaan kelas sosial juga menunjukkan adanya perbedaan persentase keluhan para istri. Dibandingkan dengan kelas bawah, para istri kelas menengah menempatkan persentase terbesar hanya pada 4 dari 11 tipe keluhan yang dijadikan alasan oleh mereka untuk mengajukan perceraian yaitu:
1. Karena suami sering melalaikan kewajiban terhadap rumah tangga dan anak.
2. Adanya tuntutan yang berlebihan dari suami.
3.  Suami tidak setia.
4. Berkurangnya perasaan cinta dari suami.
Namun di kalangan suami, hampir tidak terdapat perbedaan persentase tipe keluhan/alasan untuk mengajukan perceraian menurut kelas sosial yang ada di dalam masyarakat.
 Menurut Hilman, tingkat perceraian tertinggi berada pada kategori pekerja kasar, seperti buruh, pembantu rumah tangga, dan pelayan disektor jasa. Tingkat perceraian ini semakin menurun pada pasangan suami istri yang bekerja sebagai kerah putih yang berada pada lapisan menengah. Adapun pada tingkat orang-orang profesional, direktur dan manager sebuah perusahaan, tingkat perceraiannya sangat rendah.
Selain itu, Goode melihat tingkat percaraian juga terjadi pada tingkat pendidikan dan penghasailan. Hal ini menunjukkan adanya konsistensi antara status pekerjaan dengan tingkat pendidikan yang menjadi pemicu perceraian.
Lamanya usia perkawinan dapat dijadikan indikator penyebab terjadinya perceraian. Studi yang dilakukan Kephart menunjukkan bahwa perceraian banyak terjadi pada usia perkawinan dibawah lima tahun. Dalam kelompok ini, tingkat tertinggi perceraian dialami oleh kelompok usia perkawinan tiga tahun. Godaan pada pasangan suami istri yang mengakibatkan pisah ranjang lebih banyak terjadi pada tahun pertama perkawinan. Tingkat perceraian turun secara signifikan ketika usia perkawinan memasuki usia tujuh tahun.
Tingginya tingkat perceraian juga bisa diakibatkan status dalam perkawinannya apakah pasangan suami istri memiliki anak atau tidak. Bagi pasangan yang tidak memiliki anak, perceraian lebih banyak terjadi. Diantara pasangan suami istri yang yang tidak mempunyai anak, 71% berakhir dengan perceraian dan 8% pasangan suami istri yang memiliki anak berakhir dengan perceraian.
E. Penyesuaian Seksual Dan Perceraian
Salah satu faktor kebahagiaan perkawinan dan perceraian adalah penyesuaian seksual pasangan. Para analisis modern mengenai masalah peceraian telah menyetujui bahwa suatu perubahan mengenai manfaat hubungan seks dalam perkawinan telah terjadi selama generasi yang lalu. Setelah PD I, tuntutan seksual para wanita telah menjadi naik. Selama beberapa dekade yang lalu , para suami telah menyempurnakan teknik seks mereka dalam usaha untuk lebih memuaskan istri mereka, dan para istri sudah tidak lagi bersikap dingin (frigid), lebih mudah untuk dipuaskan. Sebaliknya, banyak pasangan yang bercerai mengeluh mengenai problem seksual. Tafsiran para analisa perkawinan ialah bahwa persoalan itu bukanlah merupakan hal yang utama, dan bahwa semua itu lebih disebabkan karena adanya pertentangan dan ketegangan perkawinan, Karena itu, hubungan seksual yang tidak memuaskan sebagai penyebab perceraian relatif kecil artinya.
Yang tidak kalah penting bahwa laki-laki lebih banyak kemungkinan daripada wanita untuk mengeluhkan persoalan hubungan seks, tetapi karena semua itu lebih penting bagi laki-laki dalam mengevaluasi perkawinan dibandingkan dengan kepuasan wanita akan keseluruhan hubungan perkawinan mereka.
F. Peran Seks Dan Perceraian
Data dari berbagai survey mengungkapkan bahwa wanita lebih banyak mengeluh mengenai perkawinannya daripada laki-laki. Sebabnya, mungkin terletak pada arti perkawinan yang lebih besar bagi wanita, ketergantungan mereka dan kepuasan untuk penyesuaian diri terhadap kehidupan itu sendiri. Oleh karena itu kira-kira ¾ dari semua perceraian di A.S, diberikan kepada wanita.
Meskipun demikian, satu penelitian telah mengembangkan sebuah teori yang lebih sering ingin melakukan perceraian daripada pihak istri. Kebanyakan tenaga suami, perhatian dan urusannya, terpusat pada hal-hal di luar rumah. Ia dapat saja terlibat dalam tingkah laku yang mungkin dianggap kurang wajar atau tak berdosa jika umpamanya dilakukan pada istrinya. Ia boleh, tanpa celaan, mengadakan lebih banyak persahabatan dengan lawan jenisnya. Akibatnya, ia kurang terikat kepada rumahnya sebagaimana halnya, istrinya, dan lebih banyak kemungkinan untuk memperoleh kegembiraan, hiburan, dan juga kesibukan di luar rumah.
Sebailknya, di bawah norma-norma persamaan hak modern kelakuan itu mungkin membuat sang istri tidak bahagia. Tetapi, justru karena kehidupan di luar rumah itu demikian pentingnya bagi sang suami, istrinya tidak mempunyai banyak kekuasaan untuk memaksa agar mengikuti kemauannya. Sang istri pada permulaan, sedikit kemungkinan menginginkan perceraian, sedangkan sang suami kemungkinan merasa bersalah untuk menuntut hal itu. Hasilnya ialah bahwa si laki-laki mungkin mengembangkan pola tingkah laku yang menibulkan celaan, kutukan, dan ketidak hormatan bagi sang istri sebagai bagian dari memuncaknya pertentangan antara keduanya. Yaitu, membuat dirinya tidak disukai, ia menimbulkan dalam diri istrinya (dengan sengaja atau tidak) keinginan untuk memutuskan perkawinan itu. Kritik yang dialaminya dalam proses itu mungkin juga meredakan perasaan yang bersalah yang mungkin harus ia derita.      
G. Dampak Terjadinya Perceraian
Dampak terjadinya perceraian, hubungan suami istri mungkin berakhir dengan suatu permusuhan. Hubungan semacam ini merupakan penderitaan yang berat. Tak ada seorang pun yang mengharapkan hal ini terjadi.
Karena adanya unsur-unsur yang merusak dalam perceraian, para sosiolog menyatakan bahwa penyesuaian perceraian sama dengan kematian dalam arti sosial, bukan kematian dalam arti biologis. Kematian itu sangat menyakitkan dan tidak ada seoarng pun yang dapat menggantikan orang yang telah mati.
Perceraian dan kematian memiliki segi-segi kesamaan, antara lain:
1. Penghentian kepuasan seksual.
2. Hilangnya persahabatan, kasih, dan rasa aman.
3. Peran orang dewasa menjadi hilang untuk diikuti oleh anak-anaknya.
4. Beban rumah tangga bertambah berat bagi pasangan yang ditinggalkan dalam mengurusi anak-anak.
5. Beban ekonomi menjadi tanggungan sendiri.
6. Pembagian tugas dan tanggungjawab baru dalam mengurusi rumah tangga.
Menurut Scanzoni dan Scanzoni, setelah perceraian, seseorang tidak perlu bersedih dan tidak perlu mengharapkan kebali mantan pasangannya. Ini dikarenakan perceraian itu sendiri menandakan adanya rasa benci di kalangan suami istri. Pandangna lain Scanzoni dan Scanzoni didasarkan pada tulisan Krantzler tang berjudul “Creative Divorce”. Menurut Krantzler, perceraian telah memberikan peluang yang cukup luas kepada seseorang untuk memperoleh pengalaman dan kreativitas baru guna menempuh hidup yang lebih baik dan menyenangkan dari sebelumnya.  
Hasil penelitian yang menggunakan 41 sampel orang tua yang bercerai menunjukkan adanya suatu hubungan yang berkesinambungan setelah perceraian. Hubungan ini bergerak dari perasaan paling benci terhadap pasangan dan hubungan yang menganggap pasangannya sebagai teman. Para responden banyak yang tidak menganggap mantan pasangannya sebagai teman, tetapi sebagai musuh.
Hubungan yang berlangsung antara mantan pasangan suami dan istri sebagai sahabat ditandai oleh adanya rasa kebersamaan dalam mendidik anak-anaknya. Mereka hidup rukun dengan tempat tinggal yang berjauhan. Kontak dengan anak dilakukan dengan cara memberikan nasihat dan bahkan tidak jarang mengadakan bisnis.
Hubungan antara mantan pasangan suami istri bukan sebagai teman dan bukan pula sebagai musuh ditandai dengan adanya hubungan seperlunya. Komunikasi dengan anak dilakukan hanya pada saat-saat tertentu, sepertidalam merayakan ulang tahun atau pada waktu libur. Hubungan keduanya terlihat sangat kaku dan bahkan tidak menyenangkan.
Adapun hubungan antara mantan pasangan yang menganggap musuh terhadap mantan pasangannya berusaha untuk tidak melakukan komunikasi satu sama lain. Dalam forum resmi, apabila mereka hadir dalam resepsi perkawinan anak, diupayakan untuk tidak saling menyapa satu sama lain.
Para sosiolog lainnya, melihat dampak perceraian terhadap anak sangat bergantung pada kondisi tertentu, yakni kondisi perkawinan orang tuanya. Bagi seorang anak yang berasal dari keluarga tidak bahagia dalam perkawinan, menganggap perceraian sebagai pilihan terbaik, sedangkan bagi anak yang hidup di tengah-tengah lingkungan keluarga yang harmonis, perceraian seperti mimpi buruk yang menakutkan, yang mendatangkan trauma dan kebingungan mengahadapinya.  
 Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak perceraian terhadapa anak selalu buruk. Anak yang orang tuanya bercerai akan hidup menderita. Secara mental, dia kehilangan rasa aman. Perasaan iri dan sedih selalu menyelimuti jiwanya apabila mengahadapi teman sebaya bersama orang tua mereka.
Lebih buruk lagi, ia akan menjadi pendiam, tidak bergairah, dan kehilangan masa depan. Apabila ia tinggal bersama paman atau bibinya, ia akan berfikir bahwa orang tuanya tidak lagi menyayanginya , namun adakalanya ia sering berkhayal agar orang tuanya rujuk lagi.
H. Mengatasi Perceraian
Bagi orang Amerika, upaya menurunkan derajat tingkat perceraian dilakukan dengan empat cara yaitu berikut ini:
1. Tidak terlalu menekankan cinta dalam sebuah perkawinan. Bagi yang setuju dengan pernyataan ini, mereka mengartikan sebuah perkawinan sebagai kesatuan kerja antara suami istri dalam membina rumah tangga. Pada masyarakat barat, orang-orang terlalu menguntungkan romantisme dan ada cinta dalam perkawinan. Kemudian mereka kecewa jika yang ditemukan bukanlah romantisme, melainkan pertentangan yang mendalam karena bagi mereka tidak lain sebaik-baiknya tempat menemukan kepuasan yang menjemukan dan sejelek-jeleknya tempat menemukan kepusingan yang menjengkelkan. Oleh karena itulah, bagi orang Amerika menempatkan cinta dan perkawinan dalam dua pisisi yang yang berbeda.
2. Memisahkan cinta dan perkawinan. Ini adalah kelanjutan dari penyelesaian pertama. Cinta berkaitan dengan masalah suka atau tidak suka terhadap seseorang, sedangkan perkawinan merupakan bagian di luar itu. Pasangan suami istri yang memisahkan cinta dan perkawinan berupaya sekuat tenaga bahwa perkawinan hanyalah sebuah ikatan kerja antara seorang suami istri dengan statusnya yang sah. Mereka boleh melakukan apa saja dalam mewujudkan ikatan kerja sama itu, termasuk hubungan seksual. Namun, urusan cinta secara tegas tidak masuk dalam rangkaian ikatan kerja sama itu. Pasangan suami istri secara wajar bisa berhubungan dengan laki-laki atau perempuan lain yang dia suka. Oleh karena itulah, perkawinan akan tetap terjaga.
3. Masyarakat dituntut untuk menyosialisasikan para anggotanya untuk memiliki kepribadian dan harapan yang hampir sama bahwa semua perkawinan akan berhasil secara memuaskan.
4. Kepentingan terhadap keluarga dan perkawinan ditempatkan pada urutan pertama di antara urutan pertama urusan lainnya sehingga perceraian tidak lagi bisa diterima. Dengan kata lain sebanyak mungkin kepentingan dalam kehidupan, maka keluarga dan perkawinan  jauh lebih penting. Memutuskan perkawinan berarti memtuskan seluruh segi kehidupan. 
Namun demikian, menurut Goode, cara utama menghidarkan diri dari perceraian ialah dengan mengsosialisasikan terhadap para remaja bahwa harapan yang diletakkan pada sebuah perkawinan bukanlah semata-mata kebahagiaan yang diberikan pada pasangan suami istri, melainkan pada intensifnya suami istri memberikan pelayanan dan penghormatan semestinya pada pasangannya. Oleh karena itu, apabila pasangan suami istri tidak bahagia dalam perkawinan tidak dapat melakukan perceraian karena dasarnya bukan hanya kebahgiaan semata.
Mengatasi perceraian, dapat pula dilakukan dengan menggunakan kerangka pemikiran bahwa manusia diciptakan dengan kodrat yang berbeda. Keperibadian, kebudayaan, kepentingan, dan sopan-santun merupakan hal-hal yang dimiliki manusia manapun dengan tingkat perbedaan yang mencolok. Apabila mengharapkan adanya kesamaan kodrat manusia dalam perkawinan, perkawinan tidak lebih dari sandiwara, film, dan cerita-cerita roman yang indah.
     
        DAFTAR PUSTAKA  
Goode, William J, Sosiologi Keluarga, Terj. Laila Hanoum Hasyim, Jakarta: Bumi Aksara, 2002
Ihromi, T.O, Bunga Rampai Sosiologi Keluarga, Yogyakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1999
Shon’ani, Imam, Terjemah Subulussalam, Terj. Abu Bakar Muhammad, Surabaya: Al-Ikhlas, 1991
Suhendi, Hendi dan Ramdani Wahyu, Pengantar Studi Sosiologi Keluarga, Bandung: Pustaka Setia, 2001

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda